Kompas TV internasional kompas dunia

Penelitian: Indonesia Pelaku Utama Deforestasi Dunia untuk Pertambangan Tahun 2010 -2014

Kompas.tv - 13 September 2022, 10:04 WIB
penelitian-indonesia-pelaku-utama-deforestasi-dunia-untuk-pertambangan-tahun-2010-2014
Hilangnya hutan tropis langsung karena pertambangan industri dari tahun 2000 hingga 2019. Grafik menggambarkan 15 negara teratas dengan deforestasi absolut tertinggi oleh pertambangan industri, bersama-sama menyumbang 98% dari deforestasi langsung di seluruh 26 negara yang diselidiki. Untuk tiga negara teratas di Indonesia, Brasil, dan Ghana, total kehilangan hutan disajikan dalam periode 5 tahun. (Sumber: Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS))
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

LONDON, KOMPAS.TV - Penambangan skala industri untuk bahan-bahan seperti batu bara, emas, dan bijih besi memicu deforestasi parah kawasan tropis dunia, dengan lebih dari setengah deforestasi tropis oleh pertambangan industri dalam dua dekade terakhir terjadi di Indonesia, terutama periode i tahun 2010 - 2014.

Demikian  menurut penelitian baru yang terbit di Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) tanggal 12 September 2022. yang dilaporkan Straits Times, Selasa, (12/9/2022).

Dalam studi pertama yang mengukur dampak pertambangan industri terhadap hilangnya hutan tropis, tim ilmuwan internasional menemukan hanya empat negara yang menjadi biang kerok: Brasil, Indonesia, Ghana, dan Suriname.

Bersama-sama, empat negara kaya hutan itu menyumbang 80 persen deforestasi tropis yang disebabkan oleh operasi penambangan skala besar dari tahun 2000 hingga 2019.

Lebih dari setengah deforestasi tropis yang disebabkan oleh pertambangan industri dalam dua dekade terakhir terjadi di Indonesia, kata para penulis.

Di seluruh Indonesia, sekitar 1.901 km persegi hutan ditebang untuk pertambangan industri.

Area itu luasnya tiga kali lipat dari luas ibukota Jakarta. Ekspansi tambang batu bara di pulau Kalimantan dipandang menjadi pendorong utama.

Sementara setidaknya 70 persen deforestasi dilakukan untuk membuka lahan untuk pertanian, para ilmuwan menyebut pertambangan industri sebagai kekhawatiran yang makin menjadi momok karena meningkatnya selera global untuk mineral yang digunakan dalam teknologi energi bersih untuk memerangi perubahan iklim.

Baca Juga: Deforestasi Hutan Amazon di Brazil Melonjak, Terburuk dalam 15 Tahun Terakhir

Representasi visual deforestasi tidak langsung yang disebabkan oleh pertambangan industri di luar wilayah pertambangan. (Sumber: Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS))

Penelitian itu menyimpulkan, “Di Indonesia, laju deforestasi tertinggi diamati selama tahun 2010 hingga 2014, periode yang ditandai dengan dua kali lipat volume produksi batubara, terutama didorong oleh permintaan dari China dan India. Sistem tata kelola yang terfragmentasi dan buram dalam mengeluarkan lisensi ekstraksi batubara baru telah memfasilitasi perkembangan ini. Reformasi kelembagaan setelah tahun 2014 menerapkan batasan pada tingkat pertumbuhan ekstraksi batubara, yang hasilnya memperlambat deforestasi langsung."

"Transisi energi akan membutuhkan sejumlah besar mineral, seperti tembaga, lithium, kobalt, untuk teknologi dekarbonisasi," kata rekan penulis Anthony Bebbington, seorang ahli geografi di Clark University di Massachusetts.



Sumber : Kompas TV/Straits Times/Proceedings of the National Academy of Sciences


BERITA LAINNYA



Close Ads x