Kompas TV internasional kompas dunia

Deforestasi Hutan Amazon di Brazil Melonjak, Terburuk dalam 15 Tahun Terakhir

Jumat, 19 November 2021 | 10:35 WIB
deforestasi-hutan-amazon-di-brazil-melonjak-terburuk-dalam-15-tahun-terakhir
Dalam foto tanggal 25 November 2019 ini, jalan raya membentang di antara Hutan Nasional Tapajos, kiri, dan ladang kedelai di Belterra, negara bagian Para, Brasil. Deforestasi di Hutan Amazon terburuk dalam 15 tahun terakhir. (Sumber: Associated Press)

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.TV — Area deforestasi di hutan Amazon Brazil mencapai level tertinggi dalam 15 tahun terakhir, setelah melonjak 22% dari tahun sebelumnya. Hal ini diungkapkan oleh data resmi yang diterbitkan Kamis (18/11/2021). 

Sistem pemantauan Institut Nasional Prodes untuk Penelitian Luar Angkasa menunjukkan, hutan Amazon di Brazil kehilangan 13.235 kilometer persegi hutan hujannya dalam periode Agustus 2020 hingga Juli 2021. Deforestasi ini merupakan yang terbesar sejak 2006.

"Ini memalukan. Itu adalah kejahatan,” kata Márcio Astrini, sekretaris eksekutif Observatorium Iklim, sebuah jaringan kelompok nirlaba lingkungan, seperti dikutip dari The Associated Press. 

Baca Juga: Perang Hacker Indonesia vs Brazil, Pengamat Ingatkan Jangan Dianggap Remeh

"Kami melihat hutan hujan Amazon dihancurkan oleh pemerintah yang menjadikan perusakan lingkungan sebagai kebijakan publik,” ujarnya.

Sebelum masa jabatan Presiden Brazil Jair Bolsonaro dimulai pada Januari 2019, hutan Amazon Brazil tidak pernah mencatat deforestasi lebih dari 10.000 kilometer persegi per tahun. 

Antara tahun 2009 sampai 2018, rata-rata deforestasi yang terjadi adalah 6.500 kilometer persegi. Sejak itu, rata-rata deforestasi tahunan melonjak menjadi 11.405 kilometer persegi.

Bolsonaro menjabat dengan janji untuk mengembangkan Amazon, dan menepis kecaman global tentang kehancuran hutan. Pemerintahannya telah menentang otoritas lingkungan dan mendukung langkah-langkah legislatif untuk melonggarkan perlindungan tanah, yang malah mendorong para perampas tanah. 

Baca Juga: Kebakaran Hutan Brazil Meluas, Picu Kekhawatiran Global

Minggu ini di sebuah konferensi di Uni Emirat Arab untuk menarik investasi, Bolsonaro mengatakan bahwa serangan terhadap Brazil untuk deforestasi adalah tidak adil dan sebagian besar Amazon masih terjaga.

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:19
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19