Kompas TV internasional kompas dunia

Heboh Bjorka, 5 Hacker Ini Mampu Mengguncang Dunia Maya, Bahkan Ada yang Menginspirasi Film

Kompas.tv - 12 September 2022, 16:34 WIB
heboh-bjorka-5-hacker-ini-mampu-mengguncang-dunia-maya-bahkan-ada-yang-menginspirasi-film
Ilustrasi hacker atau peretas. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ulah Bjorka yang mempublikasikan data pribadi beberapa publik fIgur dan instansi pemerintah Indonesia, membuatnya menjadi hacker yang paling dicari.

Selain meretas Menteri Komunikasi Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, ia juga meretas Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri BUMN Erick Thohir, dan sejumlah orang lainnya.

Ia juga disebut meretas dokumen rahasia Presiden Joko Widodo dan BIN, meski kemudian hal itu dibantah.

Namun selain Bjorka, ada sejumlah hacker yang aksinya membuat heboh dunia dan dunia maya.

Bahkan ada yang aksinya sampai menjadi inspirasi sebuah film.

Berikut ini, adalah lima hacker yang sempat menghebohkan dunia seperti dilansir dari Kaspersky.com.

1. Kevin Mitnick

Mitnick merupakan salah satu tokoh dalam dunia peretasan Amerika. Ia memulai karirnya sebagai peretas sejak remaja dan pada 1981, Mitnick didakwa mencuri manual komputer perusahaan layanan telepon Pacific Bell.

Pada 1982, ia meretas Komando Pertahanan Amerika Utara (NORAD). Aksinya ini yang kemudian menginspirasi film War Games yang dibintangi Matthew Broderick.

 Ia juga meretas jaringan Digital Equipment Corporation (DEC), yang merupakan produsen industri komputer terkemuka saat itu. Sempat ditangkap dan dipenjara, selama pembebasan bersyaratnya Mitnick meretas sistem pesan suara Pacific Bell.

Namun, sepanjang kariernya sebagai hacker, Mitnick tak pernah mengekspolitasi akses dan data yang diperolehnya.

2. Anonymous

Anonymous memulai karir hacker-nya pada 2003 di papan pesan 4chan di forum yang tidak disebutkan namanya. Kelompok ini menunjukkan sedikit organisasi dan secara longgar berfokus pada konsep keadilan sosial.

Contohnya pada 2008, kelompok hacker itu mempermasalahkan Gereja Scientology dan menonaktifkan situas web mereka, sehingga berdampak pada pencarian mereka di Google dan membanjiri mesin faks mereka dengan gambar serba hitam.

Anonymous pun dikenal kerap menggunakan topeng Guy Fawkes sebagai simbol mereka. FBI dan lembaga penegak hukum lainnya telah melacak beberapa anggota kelompok itu yang produktif.



Sumber : Kaspersky.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x