Kompas TV internasional kompas dunia

Pria Italia Ini Didiagnosis Kena HIV dan Cacar Monyet saat Positif Covid-19

Kompas.tv - 27 Agustus 2022, 06:20 WIB
pria-italia-ini-didiagnosis-kena-hiv-dan-cacar-monyet-saat-positif-covid-19
lustrasi infeksi HIV/AIDS. Seorang pria berusia 36 tahun asal Italia menjadi orang pertama yang didiagnosis positif Covid-19, cacar monyet, dan HIV pada waktu bersamaan. (Sumber: Shutterstock via kompas.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk pertama kalinya di dunia, seorang pria asal Italia menderita ko-infeksi berupa Covid-19, cacar monyet, dan HIV. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah studi kasus di Journal of Infection.

Menurut laporan South China Morning Post, Jumat (26/8/2022), pria yang tidak disebutkan identitasnya ini awalnya dinyatakan positif Covid-19 usai tes.

Kemudian, setelah terlihat ruam-ruam pada kulitnya, pria itu melakoni tes penyakit menular seksual (PMS) dan didiagnosis kena cacar monyet dan HIV.

Tim peneliti studi kasus ini menyebut pria berusia 36 tahun itu adalah orang pertama yang didiagnosis positif Covid-19, cacar monyet, dan HIV pada waktu bersamaan.

Pria ini dites positif Covid-19 pada 2 Juli silam. Ia mengeluh demam, sakit tenggorokan, dan merasa pusing sembilan hari sepulangnya dari melancong ke Spanyol. Beberapa jam usai dinyatakan positif Covid-19, tubuh pria itu mengalami eskalasi gejala yang tidak umum bagi penderita Covid-19.

Baca Juga: WHO: Setelah Meningkat Selama Sebulan, Kini Kasus Cacar Monyet di Dunia Turun 21%

Awalnya, pria itu menyadari suatu ruam di lengan kirinya. Kemudian, lepuh-lepuh yang kecil tetapi menyakitkan bermunculan di wajah, tubuh bagian atas, kaki, serta punggungnya keesokan harinya. Lepuh-lepuh itu kemudian semakin menyebar dan menjelma bintil-bintil. 

Gejala tersebut membuat si pria memeriksakan diri ke sebuah rumah sakit di Catania, Italia. Pada 6 Juli, setelah diperiksa, pria itu diketahui juga terinfeksi cacar monyet dan HIV. 

Kasus pria ini disebut menunjukkan bahwa gejala-gejala awal Covid-19 dan cacar monyet bisa saling tumpang-tindih. Dokter pun menggarisbawahi pentingnya pengetesan PMS lain setelah seorang pasien didiagnosis positif cacar monyet.

Lesi-lesi pada tubuh pria itu juga terlihat di sekitar area anus. Gejala ini sesuai dugaan para ahli bahwa cacar monyet kemungkinan bertransmisi melalui hubungan seksual, umumnya memengaruhi pria yang berhubungan seksual sesama jenis.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x