Kompas TV internasional kompas dunia

Pesan Sedih Para Dokter ke Rakyat Sri Lanka: Jangan Jatuh Sakit dan Kecelakaan, Obat Sedang Langka

Kompas.tv - 13 Juli 2022, 14:05 WIB
pesan-sedih-para-dokter-ke-rakyat-sri-lanka-jangan-jatuh-sakit-dan-kecelakaan-obat-sedang-langka
Mohammed Feroze, seorang pasien ginjal, saat menunggu membeli obat di Kolombo, Sri Lanka, 3 Juni 2022. Para dokter di Sri Lanka mengirim pesan memilukan agar pasien mereka tidak jatuh sakit atau kecelakaan hingga krisis ekonomi selesai. (Sumber: AP Photo/Eranga Jayawardena)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

KOLOMBO, KOMPAS.TV — Jangan jatuh sakit atau kecelakaan sekarang, itulah nasihat memilukan yang diberikan para dokter di Sri Lanka kepada para pasiennya karena krisis ekonomi negara itu membuat sistem perawatan kesehatannya kekurangan obat-obatan dan persediaan vital lainnya, seperti laporan Associated Press, Rabu, (13/7/2022)

Sri Lanka kekurangan uang untuk membayar impor dasar seperti bahan bakar dan makanan, sementara obat-obatan juga hampir habis dan tidak ada mata uang asing untuk mengimpornya.

Masalah seperti itu mengancam prestasi besar Sri Lanka di sektor kesehatan masyarakat dalam beberapa dekade terakhir.

Beberapa dokter beralih ke media sosial untuk mencoba mendapatkan sumbangan persediaan atau dana untuk membeli obat-obatan penting.

Mereka juga mendesak warga Sri Lanka yang tinggal di luar negeri untuk membantu.

Sejauh ini belum ada tanda-tanda berakhirnya krisis yang mendorong negara itu ke dalam kehancuran ekonomi dan politik.

Kelangkaan obat-obatan penting bagi Hasini Wasana yang berusia 15 tahun adalah tertutupnya kesempatan mendapatkan obat yang dia butuhkan untuk melindungi ginjalnya yang hasil transplantasi.

Baca Juga: Berhasil Lewati Imigrasi, Presiden Sri Lanka Kabur ke Maladewa Naik Jet Militer

Apotik di RS pemerintah Sri Lanka. Para dokter di Sri Lanka mengirim pesan memilukan agar pasien mereka tidak jatuh sakit atau kecelakaan hingga krisis ekonomi selesai. (Sumber: AP Photo/ Eranga Jayawardena)

Didiagnosis dengan penyakit ginjal saat balita, dia mendapat transplantasi sembilan bulan lalu dan perlu mengambil penekan kekebalan setiap hari selama sisa hidupnya untuk mencegah tubuhnya menolak organ.

Keluarga Hasini bergantung pada donor untuk membantu karena rumah sakitnya tidak dapat lagi menyediakan tablet Tacrolimus yang dia terima secara gratis hingga beberapa minggu yang lalu.

Dia meminum delapan setengah tablet sehari dan biayanya bertambah hingga lebih dari $200 sebulan, hanya untuk satu obat itu.

"Kami diberitahu (oleh rumah sakit), mereka tidak tahu kapan akan kembali memiliki tablet ini lagi," kata Ishara Thilini, kakak perempuan Hasini.

Keluarga itu menjual rumah mereka dan ayah Hasini mendapat pekerjaan di Timur Tengah untuk membantu membayar perawatan medisnya, tetapi penghasilannya hampir tidak cukup.

Rumah sakit kanker juga berjuang mempertahankan stok obat-obatan penting untuk memastikan perawatan yang tidak terputus.

"Jangan sakit, jangan terluka, jangan melakukan apa pun yang akan membuat Anda pergi ke rumah sakit untuk perawatan yang tidak perlu," kata Samath Dharmaratne, presiden Asosiasi Medis Sri Lanka.

"Begitulah cara saya menjelaskannya; ini adalah situasi yang serius." ujarnya lirih.

Baca Juga: Imigrasi Bandara Kolombo Tolak Beri Cap Imigrasi, Presiden Sri Lanka Gagal Kabur ke Dubai

Mudiyansege Chandrawathi, seorang pasien kanker, minum minuman setelah menghadiri klinik medis di rumah sakit kanker nasional di Maharagama, pinggiran Kolombo, Sri Lanka, 3 Juni 2022. (Sumber: AP Photo/Eranga Jayawardena)

Dr. Charles Nugawela, yang mengepalai sebuah rumah sakit ginjal di ibu kota Sri Lanka, Kolombo, mengatakan rumah sakitnya terus berjalan berkat kemurahan hati para pendonor tetapi terpaksa menyediakan obat-obatan hanya untuk pasien yang penyakitnya telah lanjut ke tahap di mana mereka membutuhkan dialisis.

Nugawela khawatir rumah sakit mungkin harus menunda semua operasi kecuali yang paling mendesak karena kekurangan benang jahit medis.

Kolese Ahli Onkologi Sri Lanka memberikan daftar obat-obatan kepada Kementerian Kesehatan yang "sangat penting, yang harus dimiliki semua rumah sakit sepanjang waktu sehingga kami dapat memberikan pengobatan kanker tanpa gangguan," kata Dr. Nadarajah Jeyakumaran, yang mengepalai perguruan tinggi.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x