Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah Haru Adam Muhammad Tunaikan Ibadah Haji, Jalan Kaki 6.500 km dari Inggris ke Tanah Suci Makkah

Kompas.tv - 6 Juli 2022, 14:42 WIB
kisah-haru-adam-muhammad-tunaikan-ibadah-haji-jalan-kaki-6-500-km-dari-inggris-ke-tanah-suci-makkah
Jamaah haji asal Inggris Adam Muhammad memenuhi nazarnya beribadah haji ke Mekah dengan berjalan kaki lintas benua, dan kini sudah tiba di Makkah (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

JEDDAH, KOMPAS.TV - Jamaah haji asal Inggris Adam Muhammad memenuhi nazarnya beribadah haji ke Mekah dengan berjalan kaki lintas benua, dan kini sudah tiba di Makkah, seperti laporan Arab News, Rabu, (6/7/2022).

Jamaah haji berusia 52 tahun itu berjalan melalui Belanda, Jerman, Republik Ceko, Hongaria, Rumania, Bulgaria, Turki, Lebanon, Suriah, dan Yordania untuk mencapai Arab Saudi, menempuh jarak hampir 6.500 kilometer dalam 11 bulan dan 26 hari.

Adam berjalan rata-rata 17,8 km sehari dan mencapai Masjid Aisyah di Makkah pada 26 Juni.

Kerumunan besar jamaah haji, warga Arab Saudi setempat, dan dua putrinya yang terbang dari Inggris, menyambutnya saat tiba di kota suci Makkah.

Adam Muhammad berkata, “Saya sangat senang menyelesaikan perjalanan saya dan saya mendapat sambutan yang luar biasa, kemurahan hati, dan cinta dari rakyat Saudi dan jamaah haji bangsa lainnya. Saya sangat ingin menunaikan haji karena haji adalah impian terbesar saya.”

Dia kemudian berbicara tentang apa yang akan dia lakukan ketika berdiri di Gunung Arafat.

Baca Juga: Asal-usul Haji Akbar, Momen Istimewa dalam Prosesi Ibadah Haji 2022

Jamaah haji asal Inggris Adam Muhammad memenuhi nazarnya beribadah haji ke Mekah dengan berjalan kaki lintas benua, dan kini sudah tiba di Makkah (Sumber: Arab News)

“Saya akan bersyukur kepada Allah SWT karena membuat perjalanan ini menjadi mungkin, dan untuk membuat cita-cita hidup menjadi kenyataan untuk melakukan haji. Ini bukan perjalanan yang mudah bagi saya, tetapi saya harus mengorbankan segalanya demi Allah dan kemanusiaan.

“Saya disibukkan dengan membaca Al-Qur’an sejak pembatasan diberlakukan setelah pandemi virus corona (tahun 2020). Tiba-tiba, suatu hari saya terbangun dan sesuatu dalam diri saya menyuruh saya pergi ke Makkah dengan berjalan kaki dari rumah saya. Saya tidak bisa mengabaikan suara ini dan memutuskan untuk melakukannya.”



Sumber : Kompas TV/Arab News


BERITA LAINNYA



Close Ads x