Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Keistimewaan Fujian, Kapal Induk Tercanggih China, Disebut Sekelas Kapal Induk Terbaru AS

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 21:43 WIB
ini-keistimewaan-fujian-kapal-induk-tercanggih-china-disebut-sekelas-kapal-induk-terbaru-as
Kapal induk China terbaru, Fujian, punya keistimewaan yang hanya bisa disaingi kapal induk terbaru AS, CVN Gerald R Ford. (Sumber: South China Morning Post)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

SHANGHAI, KOMPAS.TV - Peluncuran kapal induk ketiga sekaligus tercanggih China pada Jumat (17/6/2022) membawa negara komunis itu selangkah lebih dekat ke tujuannya. Yakni, membangun angkatan laut berkemampuan tempur samudera dengan setidaknya enam kelompok tempur kapal induk pada tahun 2035, seperti laporan South China Morning Post.

Fujian - dinamai menurut nama provinsi pesisir tenggara China - meninggalkan galangan kapal Jiangnan di Shanghai, setelah setidaknya dua penundaan. Peluncuran itu disiarkan oleh televisi negara bagian CCTV.

Peluncur dengan Sistem Ketapel Elektromagnetik

Kapal perang Type 003, dengan nomor lambung 18 itu adalah kapal induk pertama di armada China yang menggunakan ketapel elektromagnetik untuk meluncurkan pesawat dari geladak.

Peluncuran Fujian menjadikan Type 003 kelas kapal induk kedua di dunia, sekelas kapal induk terbaru AS, Gerald R Ford Angkatan Laut (AL) AS. Kapal induk itu menggunakan sistem ketapel elektromagnetik canggih yang memungkinkan pesawat diluncurkan lebih sering dan dengan muatan bahan bakar dan amunisi yang lebih besar.

Ini berarti, akan lebih banyak serangan mendadak dan jangkauan serangan dan pengintaian yang lebih jauh dibandingkan dengan peluncur di dua kapal induk China lainnya, Liaoning dan Shandong.

Dengan Fujian, China melompati peluncur ketapel uap yang lebih tua dan kurang hemat energi untuk menggantikan jalur lepas landas ski-jump dengan ketapel elektromagnetik paling canggih.

Peluncuran dimulai pukul 11.00 dengan menyanyikan lagu kebangsaan dan upacara pengibaran bendera.

Baca Juga: Ini Gambaran Gaharnya Kapal Induk Type 003 China yang Segera Selesai Dibangun

Upacara peluncuran kapal induk terbaru China, Fujian, yang setara kapal induk AS Gerald R. Ford. (Sumber: South China Morning Post)

Setelah pita dipotong, Fujian dibaptis dengan sebotol sampanye yang dipukulkan ke lambungnya.

Kapal dengan kapasitas muatan penuh lebih dari 80.000 ton itu membunyikan klaksonnya saat bergerak perlahan keluar dari dok No 4 galangan kapal Jiangnan.

Slogan-slogan politik yang ditulis dalam karakter Cina putih besar dengan latar belakang merah ditempelkan di geladak landasan. “Berikan kekuatan tempur – berjuang untuk sepenuhnya membangun angkatan laut kelas dunia,” salah satu bunyi slogan tersebut. 

Tenda pelindung terpasang, tampak melindungi ketapel lepas landas yang dipasang di dek penerbangan selama berbulan-bulan.

Spesifikasi Fujian

Sementara media pemerintah China belum merilis spesifikasi rinci Fujian, gambar satelit menunjukkan kapal induk baru itu memiliki panjang sekitar 320 meter (1.050 kaki) dan lebar 73 meter (239 kaki), sedikit lebih kecil dari kapal induk kelas Ford.

Fujian memiliki tiga ketapel luncur dan dua lift pesawat, masing-masing lebih sedikit satu dari kapal kelas Ford.

Baca Juga: Barat Geger, Kapal Induk Ketiga dan Tercanggih China Diperkirakan Segera Selesai Dibangun

Shenyang FC-31, pesawat tempur siluman terbaru China yang disorot akan memperkuat kapal induk terbaru China dari tipe 003 dan 004. (Sumber: Wikipedia/Danny Yu)

CCTV mengatakan, pengujian sistem tambatan dan navigasi kapal induk akan menjadi prioritas pertama setelah peluncuran.



Sumber : South China Morning Post


BERITA LAINNYA



Close Ads x