Kompas TV internasional kompas dunia

The Picasso Century: Mahakarya Pablo Picasso Dipamerkan di NGV

Kompas.tv - 10 Juni 2022, 01:05 WIB
the-picasso-century-mahakarya-pablo-picasso-dipamerkan-di-ngv
Salah satu lukisan Pablo Picasso (Sumber: NGV)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Hariyanto Kurniawan

MELBOURNE, KOMPAS.TV - Mahakarya Pablo Picasso dipamerkan di National Gallery of Victoria (NGV) dan dapat dikunjungi masyarakat mulai Jumat (10/6/2022). Eksebisi bertajuk The Picasso Century itu secara resmi dibuka oleh Menteri Industri Kreatif Australia, Danny Pearson.

"Kolaborasi internasional yang luar biasa, pameran ini telah dikembangkan untuk Melbourne dan menyajikan karya Picasso, bersama banyak seniman dan pemikir terkenal lainnya," ungkap Pearson dalam acara pembukaan, Kamis (9/6), dikutip National Tribune.

Seperti diketahui, NGV selaku penyelenggara telah bertandem dengan dua institut seni asal Prancis, Centre Pompidou dan Musee national Picasso-Paris.

Sementara lewat keterangan di laman resmi, NGV menyebut tema The Picasso Century diangkat guna mengeksplorasi karya Picasso terkait kepribadian dan kesenian yang dimilikinya bersama seniman, penyair dan intelektual besar sezaman.

Baca Juga: Pemerintah Thailand Kasih Give Away 1.000 Bibit Ganja untuk Warga Buriram

Eksebisi ini bakal menyuguhkan lebih dari 80 karya Picasso, memperkenalkan warisan serta peran seniman itu dalam gerakan seni patung beraliran kubusme dan surealisme. 

Ditampilkan pula 100 karya dan artefak dari rekan sezaman dengan nama-nama akbar seperti Alberto Giacometti, Dora Maar, Georges Braque, Gertrude Stein dan Henri Matisse serta Salvador Dalí.

Adapun karya-karya yang jarang dipamerkan di Australia juga ikut dipertontonkan, dengan nama-nama seniman seperti Natalia Goncharova, Julio Gonzalez, Wifredo Lam dan Suzanne Valadon serta Maria Helena Vieira da Silva.

Terlepas dari itu, The Picasso Century merupakan bagian dari seri Melbourne Winter Masterpieces yang sudah dihelat sejak 2004.

Acara gagasan Andrews Labor Government ini telah membawa pameran seni internasional yang eksklusif ke Australia sehingga memungkinkan masyarakat untuk menonton dari dekat artefak-artefak seni dari para seniman besar. 

The Picasso Century dapat dikunjungi masyarakat umum dan internasional mulai 9 Juni hingga 10 Oktober 2022 dengan tiket yang dibanderol senilai USD40.

Baca Juga: Al Qaeda Ancam Bom India Selepas Adanya Penghinaan Terhadap Nabi

 



Sumber : National Tribun


BERITA LAINNYA



Close Ads x