Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah Thailand Kasih Give Away 1.000 Bibit Ganja untuk Warga Buriram

Kompas.tv - 8 Juni 2022, 16:31 WIB
pemerintah-thailand-kasih-give-away-1-000-bibit-ganja-untuk-warga-buriram
Pemerintah Thailand berencana membagikan seribu bibit ganja di Buriram pada Jumat (10/6/2022). (Sumber: France24/Prakash Methema)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Vyara Lestari

BANGKOK, KOMPAS.TV - Pemerintah Thailand berencana membagikan seribu bibit ganja di Buriram pada Jumat (10/6/2022), sehari selepas dilegalkannya ganja di negara itu.

Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand Anutin Charnvirakul mengungkapkan, pembagian bibit akan berlangsung di Sirkuit Internasional Chang. 

"Kami berada pada titik penting di mana kami membuat sejarah. Namun, kita perlu menyadari pentingnya penggunaan ganja yang tepat," ungkap Anutin pada Bangkok Post.

Ia menjelaskan, acara ini jadi permulaan kampaye nasional sebelum pembagian 1 juta bibit ganja kepada masyarakat untuk tujuan kuliner dan medis.

Seperti diketahui, ganja segera legal di Thailand mulai Kamis (9/6).

Baca Juga: Thailand Cetak Sejarah, Mulai 9 Juni, Masyarakatnya Diberpolehkan Tanam Ganja Rendah THC di Rumah

Kendati legal, Sekeretaris Menteri Kesehatan Masyarakat Thongchai Keeratihatthayakorn menegaskan bahwa ganja hanya boleh dikonsumsi dengan kadar ekstrak THC maksimal 0,2 persen.

Ia meminta pada lembaga negara lainnya untuk mengeluarkan regulasi terkait penggunaan ganja. Sebagai contoh, Departemen Transportasi Darat Thailand diminta mengingatkan pengemudi transportasi untuk tidak mengonsumsi ganja selama berkendara.

Adapun kebijakan ini turut berdampak pada dibebaskannya lebih dari 4.000 narapidana yang berkasus narkotika jenis ganja saat aturan dekriminalisasi ganja itu mulai berlaku.

Baca Juga: Jurnalis The Guardian & Ahli Suku Adat Hilang di Pedalaman Hutan Amazon

Baca Juga: AS Menangkan Sengketa Hukum Kapal Pesiar Milik Oligarki Rusia di Fiji

 




Sumber : Bangkok Post


BERITA LAINNYA



Close Ads x