Kompas TV internasional kompas dunia

Barat Geger, Kapal Induk Ketiga dan Tercanggih China Diperkirakan Segera Selesai Dibangun

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 23:10 WIB
barat-geger-kapal-induk-ketiga-dan-tercanggih-china-diperkirakan-segera-selesai-dibangun
Kapal induk tercanggih China saat ini tampaknya hampir selesai dibangun, terlihat dari foto satelit yang dianalisis oleh The Associated Press dan dilaporkan hari Jumat (3/6/2022). (Sumber: Satellite image ©2022 Maxar Technologies via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BANGKOK, KOMPAS.TV — Kapal induk tercanggih China saat ini tampaknya hampir selesai dibangun, terlihat dari foto satelit yang dianalisis oleh The Associated Press dan dilaporkan hari Jumat, (3/6/2022). 

Mempelajari foto satelit tersebut, para ahli memperkirakan, kapal itu dapat segera diluncurkan untuk uji coba dan masih jauh dari status operasional.

Kapal induk Tipe 003 yang baru ini dibangun di Galangan Kapal Jiangnan di timur laut Shanghai sejak 2018. Gambar satelit yang diambil oleh Planet Labs PBC pada 31 Mei menunjukkan pekerjaan di kapal hampir selesai.

Peluncuran tersebut telah lama diantisipasi, dan merupakan apa yang disebut lembaga think tank Center for Strategic and International Studies sebagai “momen bersejarah dalam upaya modernisasi China dan simbol kekuatan militer negara yang sedang tumbuh.”

CSIS mencatat dalam sebuah laporan, China sering memasangkan tonggak sejarah militer dengan hari libur dan peringatan yang ada. Diperkirakan, kapal induk tersebut dapat diluncurkan segera pada hari Jumat, bertepatan dengan Festival Perahu Naga, serta peringatan 157 tahun berdirinya Galangan Kapal Jiangnan.

Pada citra satelit, dek kapal induk dapat terlihat dengan jelas. Dalam gambar yang diambil Selasa melalui awan tipis, peralatan di belakang kapal induk tampaknya telah dipindahkan, yang biasanya dilanjutkan dengan membanjiri seluruh dok kering dan mengambangkan kapal. Gambar awal bulan ini menunjukkan pekerjaan sedang berlangsung.

Baca Juga: China Usir Kapal Induk AS di Laut China Selatan, Klaim Langgar Kedaulatan China

Citra satelit dari Maxar Technologies ini menunjukkan pembangunan kapal induk Tipe 003 China di Galangan Kapal Jiangnan di timur laut Shanghai, China, 31 Mei 2022. Kapal induk tercanggih China hingga saat ini tampaknya hampir selesai. (Sumber: Satellite image ©2022 Maxar Technologies via AP)

Kementerian Pertahanan Nasional China belum menanggapi permintaan komentar.

Meskipun tidak ada peluncuran yang diumumkan, surat kabar Global Times yang dikelola pemerintah pada hari Selasa memuat berita yang mengutip laporan bahwa itu “dapat segera diluncurkan.”

Ia menambahkan, angkatan laut China pada bulan April merilis video promosi pada program kapal induk negara itu, yang menyiratkan kapal induk ketiga negara itu akan segera diungkap secara resmi.

Departemen Pertahanan AS memperkirakan kapal induk itu tidak akan beroperasi penuh hingga tahun 2024, karena sebelumnya perlu menjalani uji coba laut yang ekstensif. Kapal induk itu adalah yang paling canggih di China.

Seperti halnya program luar angkasanya, China melangkah dengan sangat hati-hati dalam pengembangan kapal induk, hanya berusaha menerapkan teknologi yang telah diuji dan disempurnakan.

Perkembangannya merupakan bagian dari modernisasi militer China yang lebih luas karena berusaha untuk memperluas pengaruhnya di kawasan.

Baca Juga: Gugus Kapal Induk Shandong Milik China Latihan Militer di Laut China Selatan

Citra satelit dari Planet Labs PBC ini menunjukkan pembangunan kapal induk Tipe 003 China di Galangan Kapal Jiangnan di timur laut Shanghai, China, 8 Mei 2022. Kapal induk tercanggih China hingga saat ini tampaknya hampir selesai. (Sumber: Planet Labs PBC via AP)



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x