Kompas TV internasional ekslusif dari swiss

Hari demi Hari Pencarian Eril, Keluarga Ridwan Kamil: Innalillahi Wainnailaihi Rajiun

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 11:48 WIB
hari-demi-hari-pencarian-eril-keluarga-ridwan-kamil-innalillahi-wainnailaihi-rajiun
Istri Ridwan Kamil, Atalia pulang ke Indonesia usai tujuh hari pencariam Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. (Sumber: Instagram/@ataliapr)
Penulis : Dian Septina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, putra pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dilaporkan hilang saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada 26 Mei 2022.

Hingga artikel ini ditayangkan, Eril belum juga ditemukan. 

Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil telah mengunggah pesan pamit untuk Eril dari tepi Sungai Aare.

Saat kejadian Ridwan Kamil, tengah melakukan perjalanan dinas ke Inggris bersama delegasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Sementara itu, istri dan kedua anaknya berada di Swiss untuk mencari sekolah jenjang S2 bagi Eril.

Adik Emil, Elpi Nazmuzaman menjelaskan, hilangnya Eril berawal saat sang keponakan sedang berenang di di Sungai Aaree, Bern. Eril tak sendirian. Ia berenang bersama sang adik Camilia Laetitia Azzahra dan kawannya.

Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya.

Eril pun hilang.

Ridwan Kamil yang saat itu sedang dalam perjalanan dinas Inggris, langsung menyusul ke Swiss usai mendengar kabar tersebut.

Hari pertama pencarian Eril

Setelah pencarian pada Kamis (26/5) belum membuahkan hasil, pihak kepolisian setempat dan tim SAR Swiss pada Jumat (27/5), melanjutkan pencarian Eril dengan jangkauan yang lebih luas.

Upaya pencarian Eril oleh tim SAR melibatkan unsur polisi, polisi maritim, dan pemadam kebakaran, serta didukung oleh Pemerintah Kota Bern.

Di hari pertama, pihak otoritas menurunkan 20 orang tim SAR untuk pencarian darurat di sepanjang rute renang yang sesuai dengan laporan pengunjung.

Tim SAR juga menggunakan drone thermal yang memiliki sensor mendeteksi panas tubuh serta menyisir area darat tepian sungai.

Sementara itu, Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya meminta doa dari masyarakat agar putra sulungnya Eril bisa segera ditemukan.

"Mohon doanya agar putra kami, Emmeril Kahn Mumtadz dapat segera ditemukan dalam keadaan baik dan selamat," ujar Ridwan Kamil, Jumat malam.

Hari kedua

Cakupan hari kedua, pencarian dilakukan sepanjang 7 kilometer hingga ke Danau Wallensee. Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan, di hari kedua pencarian, ia mendampingi Ridwan Kamil dan istri menemui tim SAR dan polisi yang bertugas di lapangan.

Kepada Ridwan Kamil, tim SAR mengatakan jika pencarian Eril adalah prioritas mereka dan akan melakukan pencarian dengan berbagai macam metode.

Hari ketiga dan keempat

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan di hari ketiga pencarian Eril, tim SAR menggunakan drone hingga menurunkan penyelam untuk melihat kondisi dasar sungai.

Dalam pencarian hari keempat, Ridwan Kamil bersama pihak KBRI juga turut serta ikut melakukan pencarian bersama petugas.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x