Kompas TV internasional kompas dunia

Pria Berwig Kotori Lukisan Mona Lisa lalu Teriakkan Kata-kata Ini Sebelum Diciduk

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 16:36 WIB
pria-berwig-kotori-lukisan-mona-lisa-lalu-teriakkan-kata-kata-ini-sebelum-diciduk
Museum Louvre Paris hari Minggu, (29/5/2022) dibuat tercengang setelah seorang perempuan tua melompat dari kursi rodanya, mencoba memecahkan kaca pelindung namun gagal, lalu mengolesi kue di atas lukisan Mona Lisa dan berteriak pikirkan bumi (Sumber: Kompas TV/Twitter/@lukeXC2002)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

PARIS, KOMPAS.TV - Penggemar seni di Museum Louvre Paris hari Minggu, (29/5/2022) dibuat tercengang setelah seorang "perempuan tua" melompat dari kursi rodanya, mencoba memecahkan kaca pelindung namun gagal, lalu mengolesi kue di atas lukisan Mona Lisa dan berteriak "pikirkan bumi", seperti dilansir NDVT India, Senin (30/5/2022).

Gambar dan video lukisan terkenal Monalisa yang dikotori krim kue menjadi viral di media sosial hari Minggu.

Dilaporkan seorang pria yang menyamar sebagai perempuan tua di kursi roda melompat dan melemparkan kue ke lukisan ikonik itu, mengejutkan pengunjung.

Dia dilaporkan berusaha menghancurkan kaca antipeluru yang melindungi karya Leonardo da Vinci di Museum Louvre.

Menurut saksi mata, pelaku adalah seorang pria di kursi roda yang memakai wig. Dia tiba-tiba berdiri dan mendekati lukisan itu.

Pada awalnya, ia mencoba untuk menghancurkan kaca pelindung. Ketika itu tidak berhasil, dia melemparkan kue itu ke kanvas dan menyebarkannya ke panel kaca.

Dia juga menaburkan mawar sebelum dijatuhkan ke lantai oleh penjaga keamanan.

Baca Juga: Seniman Inggris Bikin Patung Mona Lisa dengan Pose Unik

Video itu menunjukkan kue yang dioleskan ke kaca tempat Mona Lisa duduk, lalu menunjukkan pelaku berbicara kepada para pengunjung dalam bahasa Prancis saat dia dibawa oleh keamanan.

Outlet media Spanyol, Pledge Times melaporkan antara lain, pria itu berteriak: "beberapa orang mencoba menghancurkan bumi, pikirkan bumi!"

Saksi mata mengatakan lelaki itu menyamar sebagai seorang perempuan tua dan berkendara melalui museum dengan kursi roda sebelum melakukan serangan.

Masih belum jelas apa motif pria itu dan bagaimana dia menyelundupkan kue itu ke museum.

Sementara itu, disebutkan ini bukan kali pertama Mona Lisa menjadi sasaran para pengacau.

Menurut Ladbible, pada tahun 1956, bagian bawah mahakarya itu rusak parah ketika seseorang perusak menyiram lukisan itu dengan asam.

Karena kejadian ini, Mona Lisa disimpan di balik kaca antipeluru.



Sumber : Kompas TV/NDTV


BERITA LAINNYA



Close Ads x