Kompas TV internasional kompas dunia

Seniman Inggris Bikin Patung Mona Lisa dengan Pose Unik

Kompas.tv - 15 September 2021, 21:16 WIB
seniman-inggris-bikin-patung-mona-lisa-dengan-pose-unik
Patung perunggu Moona Lisa karya Nick Walker. (Sumber: PA Media via BBC)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

BRISTOL, KOMPAS.TV - Nick Walker, seniman asal Bristol, Inggris, merespons lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci dengan karya unik. Walker membuat lukisan Mona Lisa dengan pose unik sebelum membuat patung perunggu berdasarkan lukisan itu.

Dalam karya Walker, Mona Lisa digambarkan sedang menungging membelakangi audiens. Ia kemudian menyingkapkan pakaian di pantatnya dan memantati audiens sembari menoleh. Lukisan itu diberi judul “Moona Lisa”.

Lukisan Walker kemudian dijadikan patung perunggu seukuran manusia asli. Sebagaiman dilaporkan BBC, patung ini dipamerkan di ekshibisi seni jalanan (street art) di Museum M-Shed, Bristol. Patung "Moona Lisa" disebut akan dipamerkan hingga 31 Oktober 2021.

Baca Juga: Lukisan Leonardo Da Vinci Akan Dilelang

Patung perunggu itu dibuat dengan cara membuat cetakan terlebih dulu. Cetakan Moona Lisa dibuat via pemotretan dengan menggunakan model asli.

Sebuah perlengkapan yang menautkan 160 kamera DSLR juga dibuat. Walker kemudian membuat cetakan berdasar gambar 360 derajat yang dihasilkan pemotretan tersebut.

Walker melukis “Moona Lisa” pada 2013 setelah ditantang koleganya sesama seniman jalanan, Banksy.

Seniman kawakan yang juga berasal dari Bristol itu menyebut bahwa Mona Lisa sudah tidak bisa diapa-apakan lagi. Banksy sendiri pernah melukis karya yang merespons Mona Lisa.

Nick Walker merupakan seniman jalanan yang naik daun pada 1980-an. Berasal dari skena Bristol, Walker menjadi salah satu nama terbesar di dunia seni jalanan.

Baca Juga: Pameran 80 Karya Banksy, Si Seniman Misterius Digelar di Chicago

 



Sumber : BBC

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.