Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Ditekan Uni Eropa tentang Krisis Ukraina di KTT China - Uni Eropa, Ini Jawaban Xi Jinping

Kompas.tv - 2 April 2022, 01:38 WIB
ditekan-uni-eropa-tentang-krisis-ukraina-di-ktt-china-uni-eropa-ini-jawaban-xi-jinping
China menginginkan penyelesaian politik atas krisis Ukraina, kata Presiden Xi Jinping kepada pejabat tinggi Uni Eropa saat mereka didesak untuk menekan Rusia agar mengakhiri perang. (Sumber: Global Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

ISTANBUL, KOMPAS.TV -  Presiden Xi Jinping menjawab desakan Uni Eropa agar China mengambil tindakan dengan menekan Rusia untuk mengakhiri aksi militernya terhadap Ukraina.

“China mendukung upaya Uni Eropa menuju penyelesaian politik masalah Ukraina dan (China) mendorong pembicaraan damai dengan caranya sendiri,” kata Xi dalam pertemuan virtual dengan Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen dan Presiden Dewan Eropa Charles Michel, seperti dilaporkan Anadolu, Jumat (1/4/2022).

Jawaban tersebut merupakan reaksi atas pernyataan Von der Leyen, dengan cara yang terus terang dan terbuka, yang menyampaikan posisi Uni Eropa kepada Xi. Von der Leyen juga menekankan, bahwa China perlu memenuhi tanggung jawabnya sebagai anggota Dewan Keamanan PBB.

“Ada beberapa anggota (DK PBB) dan mereka memiliki tanggung jawab yang besar. China memiliki pengaruh di Rusia dan, oleh karena itu, kami berharap China mengambil tanggung jawabnya untuk mengakhiri perang ini,” kata Von der Leyen pada konferensi pers bersama dengan Michel setelah pertemuan virtual.

“Kami juga menjelaskan China harus, jika tidak mendukung, setidaknya tidak ikut campur dalam sanksi kami (terhadap Rusia),” tambah Michel.

Menurut sebuah pernyataan oleh Kementerian Luar Negeri China, Xi menekankan perlunya semua pemangku kepentingan untuk bertekad mempromosikan pembicaraan damai antara Moskow dan Kiev. Terkait hal ini Xi mengajukan empat usulan.

Baca Juga: Uni Eropa Tekan China Dukung Kebijakan soal Ukraina, Minta Jangan Ikut Campur Sanksi ke Rusia

Uni Eropa menekan China agar mendukung upaya dan cara Uni Eropa untuk menghentikan invasi Rusia terhadap Ukraina, dan meminta China tidak ikut campur sanksi Uni Eropa kepada Rusia. Hal tersebut dikatakan dalam KTT China - Uni Eropa, seperti laporan CNN, Jumat (1/4/2022). (Sumber: Olivier Matthys/AFP/Getty Images via CNN)

“Pembicaraan damai adalah satu-satunya cara yang layak untuk mencegah eskalasi ketegangan,” kata Xi mengawali usulannya.

“Masyarakat internasional harus terus menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk perundingan antara Rusia dan Ukraina, daripada menambahkan bahan bakar ke api dan memperparah ketegangan.”

Beijing sejauh ini menahan diri untuk tidak secara langsung mengutuk perang Rusia di Ukraina. Komentar terbaru Xi menunjukkan dorongan dari China untuk mencapai penghentian permusuhan yang, menurut angka terbaru PBB, telah merenggut nyawa setidaknya 1.276 warga sipil dan menyebabkan 1.981 lainnya terluka sejak 24 Februari.



Sumber : Anadolu/Global Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x