Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Zelensky Sebut Mariupol Dihancurkan Rusia Sebrutal Aleppo, Emir Qatar Singgung soal Israel-Palestina

Kompas.tv - 27 Maret 2022, 17:08 WIB
zelensky-sebut-mariupol-dihancurkan-rusia-sebrutal-aleppo-emir-qatar-singgung-soal-israel-palestina
Ilustrasi. Seorang petugas Ukraina memfoto gereja yang rusak akibat artileri Rusia di Mariupol, 10 Maret 2022. Pada Sabtu (26/3/2022), Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumpamakan tindakan Rusia yang membombardir Mariupol seperti aksi Rusia dan rezim Bashar Al-Assad yang membombardir Aleppo. (Sumber: Evgeniy Maloletka/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Fadhilah

DOHA, KOMPAS.TV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky secara tak terduga ikut bicara di Forum Doha di Qatar pada Sabtu (26/3/2022).

Forum ini adalah pertemuan internasional tahunan di negara kaya minyak itu untuk membahas berbagai isu.

Zelensky menghadiri forum di Doha melalui panggilan video.

Dalam pidatonya, Zelensky meminta negara-negara penghasil energi seperti Qatar meningkatkan produksi untuk menanggulangi jika suplai minyak dan gas Rusia terhalang.

“Masa depan Eropa bergantung pada usaha Anda. Saya meminta Anda untuk meningkatkan produksi energi agar Rusia mengerti bahwa tak ada negara yang bisa menggunakan energi sebagai senjata dan memeras dunia,” kata Zelensky dikutip Associated Press.

Kepada hadirin, Zelensky juga mengumpamakan kehancuran dan penderitaan Ukraina seperti Suriah.

Ia mengumpamakan tindakan Rusia yang membombardir Mariupol seperti aksi Rusia dan rezim Bashar Al-Assad yang membombardir Aleppo.

Baca Juga: Kesaksian Jurnalis Internasional Terakhir di Mariupol: Kami Diburu Rusia, Melihat Langsung Derita

Mariupol sendiri dikepung Rusia sejak awal invasi. Militer Rusia terus membombardir kota di Provinsi Donetsk itu hingga menyebabkan krisis kemanusiaan.

“Lihatlah Mariupol kami. Inilah yang telah kita lihat di Aleppo. Reruntuhan, rasa sakit, kehancuran manusia,” kata Zelensky dikutip UNIAN.

“Sebanyak 90 persen bangunan di Mariupol hancur. Ribuan mati. Namun, Rusia tak kunjung menerima hukuman yang nyata dari dunia untuk ini,” lanjutnya.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x