Kompas TV internasional kompas dunia

Mobil Kecil Angkut Enam Remaja Tabrak Truk Muatan Batu, Korban Tewas Semua

Kompas.tv - 24 Maret 2022, 07:22 WIB
mobil-kecil-angkut-enam-remaja-tabrak-truk-muatan-batu-korban-tewas-semua
Mobil kecil dengan kursi untuk empat penumpang ini rusak berat setelah bertabrakan dengan truk di Oklahoma, Amerika Serikat, Rabu (23/3/2022). Enam remaja perempuan yang berada di mobil ini tewas. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Fadhilah

OKLAHOMA CITY, KOMPAS.TV — Enam gadis remaja tewas ketika mobil kecil untuk empat penumpang yang mereka naiki bertabrakan dengan truk besar yang mengangkut batu, Rabu (23/3/2022).

Peristiwa terjadi saat para korban sedang keluar saat jam makan siang di sekolah mereka di Oklahoma, Amerika Serikat.

Keenam korban tewas adalah pengemudi yang berusia 16 tahun, tiga penumpang berusia 15 tahun, dan dua penumpang berusia 17 tahun.

Hingga kini penyebab kecelakaan belum diketahui, tetapi kecelakaan ini meningkatkan kekhawatiran akan remaja yang mengendarai mobil bersama teman-temannya.

“Hanya menambahkan satu penumpang di bawah usia 21 tahun dalam satu kendaraan akan meningkatkan risiko kecelakaan sebesar 44 persen, ketika pengemudinya masih remaja,” kata William Van Tassel dari kantor nasional AAA, seperti dikutip dari The Associated Press.

Laporan kecelakaan, yang dirilis Rabu pagi, menyebut bahwa kecelakaan itu masih dalam penyelidikan.

Namun, Polisi Patroli Jalan Raya Shelby Humphrey mengatakan bahwa mobil gadis-gadis itu berbelok ke kanan ketika bertabrakan dengan truk.

Baca Juga: Tiga Truk Terlibat Kecelakaan di Pantura, Satu Sopir Meninggal Dunia

"Salah satu kekhawatiran dan risiko utama untuk mengangkut banyak remaja di dalam mobil adalah gangguan yang menyertainya," kata Van Tassel.

“Jika salah satu penumpang berusia di atas 35 tahun, maka risiko kecelakaan turun 62 persen. Itu menyiratkan remaja dapat mengemudi dengan aman ketika ada orang dewasa di dalam mobil," kata Van Tassel.

“Hanya pengemudi berusia 16 tahun dan penumpang kursi depan yang mengenakan sabuk pengaman ketika mobil Chevrolet Spark 2015 itu bertabrakan dengan truk,” menurut Patroli Jalan Raya.

"Orang-orang yang tidak memakai sabuk membahayakan semua orang. Dalam sebuah kecelakaan, orang-orang yang tidak terikat sabuk pengaman akan terbang ke mana-mana dan melukai orang lain di dalam kendaraan,” tambahnya.

“Oklahoma adalah satu-satunya negara bagian di mana penumpang yang berusia lebih dari 7 tahun di kursi belakang mobil tidak harus mengenakan sabuk pengaman, kata Leslie Gamble, manajer hubungan masyarakat dan pemerintah untuk AAA-Oklahoma.

Kecelakaan itu terjadi sekitar satu mil (1,6 kilometer) dari Tishomingo High School.

Menurut Pengawas Sekolah Umum Tishomingo Bobby Waitman, siswa-siswa itu berada di di sekolah pada hari Rabu. Namun nama gadis-gadis itu tidak dirilis karena mereka masih di bawah umur.

Baca Juga: Angka Kecelakaan Lalulintas Masih Tinggi, Menhub Beberkan Sejumlah Faktor Penyebabnya

Patroli Jalan Raya mengidentifikasi pengemudi truk yang bertabrakan dengan mobil kecil itu adalah Valendon Burton, 51, dari Burneyville, Oklahoma. Laporan itu mengatakan Burton tidak terluka.

Waitman mengatakan pemakaman korban belum dijadwalkan dan distrik akan bekerja dengan keluarga mereka untuk menjadwalkan upacara peringatan di sekolah.

Kecelakaan itu terjadi satu minggu setelah sembilan orang tewas dalam kecelakaan di Texas Barat. Korban tewas termasuk enam anggota tim golf perguruan tinggi New Mexico dan pelatih mereka. 
 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x