Kompas TV internasional kompas dunia

Satu Kotak Hitam Ditemukan, Pesawat China Eastern Disebut Menukik Nyaris Dekati Kecepatan Suara

Kompas.tv - 23 Maret 2022, 19:41 WIB
satu-kotak-hitam-ditemukan-pesawat-china-eastern-disebut-menukik-nyaris-dekati-kecepatan-suara
Sejumlah personel tim SAR dan militer China melakukan pencarian kotak hitam pesawat China Eastern bernomor penerbangan MU5735 di Tengxian, Guanxi, China, Selasa (22/3/2022). Pesawat yang mengangkut 123 penumpang dan 9 kru itu jatuh pada Senin (21/3). (Sumber: Zhou Hua/Xinhua via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

WUZHOU, KOMPAS.TV – Salah satu dari dua kotak hitam pesawat maskapai China Eastern bernomor penerbangan MU5735 yang jatuh, telah ditemukan pada Rabu (23/3/2022). Associated Press melaporkan, kotak hitam berisi rekaman data penerbangan itu ditemukan dalam kondisi rusak parah. 

Penemuan kotak berwarna oranye itu merupakan kunci untuk mengungkap mengapa pesawat jet Boeing 737-800 itu terjun bebas dari udara dengan kecepatan nyaris mendekati kecepatan suara, sebelum kemudian menghantam sebuah bukit.

Menurut sebuah situs pelacakan pesawat Flightradar24, pesawat jet itu terjun dengan kecepatan nyaris mendekati kecepatan suara sebelum kemudian menghantam lereng sebuah bukit. Data menunjukkan, pesawat itu melesat dengan kecepatan lebih dari 640 mil per jam (mph) atau 966 kilometer per jam, dan kadang-kadang melampaui 700 mph atau 1.126 km per jam. Sementara, kecepatan suara adalah 1.238 km per jam.

Baca Juga: Kecelakaan China Eastern Airlines: Pengamat Sebut Peluang Ditemukannya Penyintas Hampir Tidak Ada

Pesawat itu menghilang dari layar radar pada Senin (21/3) pukul 2.23 sore waktu setempat, tiga menit setelah ia mulai menukik tajam.

Melansir Bloomberg, para pilot di pesawat nahas itu tidak merespons panggilan dari pengendali lalu lintas udara sesaat setelah pesawat itu terpantau menukik tajam. Seluruh 123 penumpang 9 kru pesawat diduga tewas. 

Sementara itu, ketiga pilot yang berada dalam pesawat itu disebut memiliki lisensi dan sertifikat kesehatan yang valid. Ketiganya juga disebut memiliki pengalaman dan jam terbang yang solid.

Baca Juga: Kecelakaan China Eastern Kasus Langka, Sangat Jarang Terjadi Bagi Maskapai Milik Negara di China

Xinhua melaporkan, penyelamatan di lokasi kecelakaan dilaporkan dihentikan pada Rabu (23/3) akibat cuaca buruk. Hujan deras yang mengguyur lokasi kecelakaan berisiko menyebabkan longsor. 

Meski pihak berwenang menyebut masih terlalu dini untuk mengungkap penyebab kecelakaan, maskapai China Eastern telah mengandangkan armada Boeing 737-800 mereka. Ribuan penerbangan pun dibatalkan. 

Pihak regulator telah memerintahkan pemeriksaan keselamatan industri penerbangan di negara itu.

Baca Juga: Boeing 737-800 China Eastern Airlines Kecelakaan, Garuda Indonesia Koordinasi Jaga Keamanan Pesawat

 




Sumber : Xinhua/Associated Press/Bloomberg


BERITA LAINNYA



Close Ads x