Kompas TV nasional update

Boeing 737-800 China Eastern Airlines Kecelakaan, Garuda Indonesia Koordinasi Jaga Keamanan Pesawat

Kompas.tv - 22 Maret 2022, 20:48 WIB
boeing-737-800-china-eastern-airlines-kecelakaan-garuda-indonesia-koordinasi-jaga-keamanan-pesawat
Tangkapan layar video yang menunjukkan serpihan bangkai pesawat Boeing 737-800 China Eastern Airlines ditemukan petugas di wilayah Guangxi, China, Selasa (22/3/2022). (Sumber: CCTV via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Maskapai Garuda Indonesia, yang juga mengoperasikan pesawat Boeing 737-800 NG mengaku tengah berkoordinasi secara intensif dengan otoritas penerbangan dan menunggu hasil investigasi kecelakaan pesawat China Eastern Airlines.

Sebelumnya, pesawat Boeing 737-800 NG China Eastern Airlines yang memuat 132 orang jatuh di wilayah Guangxi, China, Senin (21/3/2022).

Hingga berita ini diturunkan, otortas tanggap bencana China masih melakukan upaya pencarian dan penyelamatan.

“Garuda Indonesia saat ini terus melakukan koordinasi intensif bersama otoritas penerbangan baik Kementerian Perhubungan RI maupun pihak manufaktur perihal hasil evaluasi investigasi atas kejadian tersebut dalam upaya mengoptimalkan tata kelola aspek safety pada layanan operasional penerbangan Garuda,” tulis pernyataan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra yang diterima KOMPAS.TV, Selasa (22/3).

Pesawat seri Boeing 737-800 NG diketahui juga digunakan Garuda Indonesia untuk penerbangan penumpang serta kargo.

Baca Juga: Info Sementara KJRI Guangzhou, Kemenlu Sebut Tak Ada WNI dalam Pesawat China Easter yang Jatuh

BUMN penerbangan itu pun mengaku armadanya telah diperiksa melalui prosedur inspeksi berlapis serta pemeriksaan berkala sesuai regulasi keselamatan penerbangan.

Garuda Indonesia menjamin armadanya, termasuk Boeing 737-800 NG, dalam kondisi optimal ketika akan terbang.

Juga, Garuda menyatakan bahwa pilotnya melalui asesmen rutin utntuk memastikan kapabilitas awak pesawat menegakkan mitigasi keamanan.

Garuda menyebut aspek keamanan dan keselamatan menjadi prioritas layanan Garuda Indonesia.

Di lain sisi, Garuda turut menyampaikan belasungkawa atas kecelakaan yang menimpa pesawat China Eastern Airlines.

“Semoga seluruh pihak yang terdampak kejadian ini diberikan kekuatan dan ketabahan, serta proses pencarian pesawat maupun penyelidikan penyebab kecelakaan dapat segera dirampungkan dalam waktu dekat,” pungkas Irfan.

Adapun Boeing 737-800 termasuk keluarga seri 737 yang dikembangkan sejak 1960-an, kini menjadi seri pesawat yang paling banyak digunakan penerbangan komersial.

Sementara itu, mengenai kecelakaan Boeing 737-800 di Guangxi, pencarian besar-besaran masih dilakukan tetapi belum ada berita ditemukannya penumpang. 

Baca Juga: Penyisiran Korban Pesawat China Eastern Masih Dilakukan, Belum Ditemukan Korban yang Selamat


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.