Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Kemlu: Evakuasi WNI di Ukraina Tuntas, 11 Orang Sudah Berada di Warsawa Polandia

Kompas.tv - 19 Maret 2022, 04:25 WIB
kemlu-evakuasi-wni-di-ukraina-tuntas-11-orang-sudah-berada-di-warsawa-polandia
Direktur Perlindungan WNI Kemlu, Judha Nugraha mendampingi sembilan WNI yang berhasil dievakuasi dari Kota Chernihiv, Ukraina, Jumat (18/3/2022). (Sumber: YouTube Kemlu)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sembilan WNI yang tertahan di Kota Chernihiv, Ukraina, telah berhasil dievakuasi ke Polandia. 

Keberhasilan menjemput sembilan WNI ini membuat seluruh proses evakuasi warga Indonesia di Ukraina sudah terlaksana. 

Direktur Perlindungan WNI Kemenlu Judha Nugraha menjelaskan saat ini sudah ada 11 WNI yang berada di KBRI Warsawa dan wilayah Polandia.

Baca Juga: Kabar Baik, 9 WNI yang Tertahan di Kota Chernihiv Ukraina Sudah Dievakuasi ke Polandia

Dua WNI yang dievakuasi dari Kota Dnipro, Ukraina, sudah berada di KBRI Warsawa sejak 11 Maret 2022. Mereka belum bisa dipulangkan ke Indonesia karena terkonfirmasi positif Covid-19.

Sedangkan sembilan WNI sudah berada di safe house di wilayah Polandia. Mereka merupakan WNI yang dijemput dari pabrik plastik, tempat mereka berlindung sejak 14 Maret 2022 di Kota Chernihiv.

"Setelah kita melakukan pemeriksaan kesehatan, rencananya tanggal 20 Maret 2022 akan diberangkatkan ke Jakarta menggunakan pesawat komersil dan 21 Maret akan tiba di Indonesia," ujar Judha saat jumpa pers secara virtual, Jumat (18/3/2022).

Judha menambahkan seluruh proses evakuasi WNI sudah terlaksana. Namun masih ada 32 WNI yang bertahan di Ukraina. Sembilan di antaranya adalah staf esensial dan keluarga dari KBRI Kiev.

Baca Juga: Sempat Bertahan di Bunker Hotel, Seorang WNI di Ukraina Berhasil Pulang ke Tanah Air

Menurut Judha staf KBRI ini akan tetap menjalin komunikasi untuk memantau kondisi WNI yang memilih tetap tinggal di Ukraina.

"Total 165 WNI di Ukraina, kita upayakan kembali ke Indonesia total ada 133, dalam upaya evakuasi sudah nol, dan ada 32 WNI yang memilih tinggal di Ukraina termasuk pejabat dan staf KBRI Kiev," ujar Judha.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x