Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Pentagon: Tawaran Polandia untuk Berikan Pesawat ke Ukraina Tidak dapat Dipertahankan

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 07:08 WIB
pentagon-tawaran-polandia-untuk-berikan-pesawat-ke-ukraina-tidak-dapat-dipertahankan
Angkatan Udara Polandia menerbangkan MiG 29 buatan Rusia (atas). Sedangkan dua pesawat di bawahnya adalah jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat yang diterbangkan Angkatan Udara Polandia dalam Pameran Udara di Radom, Polandia, pada 27 Agustus 2011. (Sumber: File AP Photo/Alik Keplicz)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

WARSAWA, KOMPAS.TV — Pentagon mengatakan pada hari Selasa (8/2/2022) bahwa tawaran Polandia untuk memberikan jet tempur MiG-29 ke Amerika Serikat (AS) untuk diteruskan ke Ukraina, menimbulkan kekhawatiran serius bagi aliansi NATO.

Mereka menyatakan tawaran ini tidak dapat dipertahankan.

Sekretaris Pers Pentagon John Kirby mengatakan, prospek pesawat yang berangkat dari pangkalan AS/NATO di Jerman untuk terbang ke wilayah udara yang diperebutkan dengan Rusia dinilai mengkhawatirkan.

Menurutnya, jelas bagi AS memiliki alasan substantif untuk memberikan pesawat ke wilayah perang dan AS akan terus berdialog dengan Polandia tentang masalah ini.

Sebelumnya, Polandia mengatakan akan memberikan semua jet tempur MiG-29 miliknya kepada AS, untuk diteruskan kepada militer Ukraina saat menghadapi invasi pasukan Rusia.

Amerika Serikat tidak segera mengkonfirmasi kesepakatan itu, meskipun negara-negara Barat telah membahas kemungkinan cara untuk menjawab permintaan Ukraina untuk pesawat tempur.

Keputusan seperti itu akan menjadi pendorong moral bagi Ukraina karena serangan Rusia di kota-kotanya memperdalam bencana kemanusiaan. Tapi pemberian pesawat kepada Ukraina akan meningkatkan risiko perang yang lebih luas.

Baca Juga: Evakuasi di Mariupol Ukraina Gagal, Warga Makin Menderita

Pentagon pun tidak segera mengomentari pengumuman Polandia, dan seorang diplomat senior AS menyatakan keterkejutannya.

"Sepengetahuan saya, tidak ada pra-konsultasi dengan kami bahwa mereka berencana untuk mengirimkan pesawat-pesawat ini kepada kami," kata Wakil Menteri Luar Negeri AS Victoria Nuland, yang mengatakan kepada anggota parlemen. 

"Saya berharap untuk kembali ke meja saya dan melihat bagaimana kami akan menanggapi proposal mereka ini, untuk mengirimkan pesawat kepada kami," kata Nuland seperti dikutip dari The Associated Press.

Adapun Ukraina telah memohon lebih banyak pesawat tempur dan Washington telah melihat proposal di mana Polandia akan memasok Ukraina dengan pesawat tempur era Soviet dan menerima F-16 AS. Pilot Ukraina dilatih untuk menerbangkan jet tempur era Soviet.

Kementerian Luar Negeri Polandia mengumumkan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka juga siap untuk mengirimkan jet ke Pangkalan Udara Ramstein AS di Jerman segera dan gratis.

“Pada saat yang sama, Polandia meminta Amerika Serikat untuk memberi kami pesawat bekas dengan kemampuan operasional yang sesuai,” katanya.

Baca Juga: McDonald's Tutup Sementara 850 Restoran Mereka di Rusia, Ada Apa?

Pemerintah Polandia juga mengimbau pemilik jet MiG-29 lainnya untuk mengikuti langkah yang dilakukannya.
 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x