Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

AS Hajar Kaum Crazy Rich Rusia dengan Sanksi Baru, Tekan Presiden Putin Hentikan Serbuan ke Ukraina

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 05:01 WIB
as-hajar-kaum-crazy-rich-rusia-dengan-sanksi-baru-tekan-presiden-putin-hentikan-serbuan-ke-ukraina
Alisher Usmanov, salah satu oligarch atau crazy rich Rusia yang berkuasa, sering diplesetkan sebagai penguasaha, diganjar sanksi oleh Amerika Serikat bersama tujuh oligarch Rusia lainnya, termasuk keluarga dan kerabat dekat. Usmanov adalah salah satu Muslim terkaya Rusia, pemilik super yacht yang baru saja disita pemerintah Jerman. (Sumber: Maxim Shemetov/Pool Photo via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Gedung Putih mengumumkan sanksi baru terhadap kelompok oligarki Rusia, atau kelompok paling kaya di negara itu pada Kamis (3/3/2022), dalam upaya terbaru Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk menekan Presiden Rusia Vladimir Putin menghentikan serbuan ke Ukraina.

Seperti dilaporkan CNN, Jumat (4/3/2022), sanksi baru tersebut adalah upaya terbaru pemerintahan Joe Biden untuk menekan Presiden Rusia Vladimir Putin saat invasi ke Ukraina sedang berlangsung dan pasukan Rusia memperluas serangan mereka.

“Tujuannya adalah untuk memaksimalkan dampak pada Putin dan Rusia,” kata Biden, menuduh oligarki yang dia targetkan melapisi kantong mereka dengan uang rakyat Rusia sementara Ukraina dan rakyatnya bersembunyi di kereta bawah tanah dari peluru yang ditembakkan tanpa pandang bulu. 

"Kepentingan kami adalah untuk mempertahankan tekanan ekonomi paling kuat kepada Putin dalam sejarah, dan saya pikir kami benar-benar dalam perjalanan untuk melakukan itu," kata Biden.

Daftar baru individu yang digambarkan sebagai "kroni Putin dan anggota keluarga mereka" akan diblokir dari sistem keuangan Amerika Serikat, aset mereka di AS akan dibekukan, dan properti mereka akan diblokir dan tidak boleh digunakan, menurut lembar fakta dari Gedung Putih.

Akan ada sanksi pemblokiran penuh terhadap delapan elit Rusia, ditambah anggota keluarga dan rekan mereka.

Baca Juga: Rusia Invasi Ukraina, Everton Tangguhkan Kerja Sama dengan Perusahaan Milik Alisher Usmanov

Superyacht bernama lambung Dilbar milik pengusaha super kaya Rusia, Alisher Burkhanovic Usmanov keturunan Uzbekistan yang disita pemerintah Jerman, bagian dari sanksi untuk menekan Presiden Rusia Vladimir Putin yang menginvasi Ukraina (Sumber: Dailymail/Getty Images)

Sanksi ini termasuk langkah untuk menargetkan sekutu Putin, Alisher Burhanovich Usmanov, "salah satu individu terkaya Rusia," menurut Gedung Putih, dan akan mencakup super-yacht dan jet pribadinya.

Alisher Burkhanovic Usmanov adalah pengusaha berkuasa kaya asal Uzbekistan dan merupakan seorang Muslim.

Usmanov adalah pemilik superyacht Dilbar, kapal pesiar terbesar saat ini di dunia dengan tonase kotor (15.917gt) dan kapal pesiar terbesar ke-6 dengan panjang berukuran 156,0 m.



Sumber : Kompas TV/CNN


BERITA LAINNYA



Close Ads x