Kompas TV internasional kompas dunia

Perang Rusia, Badan Energi Internasional Gelontorkan 60 juta Barrel Minyak Mentah Cadangan Strategis

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 06:35 WIB
perang-rusia-badan-energi-internasional-gelontorkan-60-juta-barrel-minyak-mentah-cadangan-strategis
Harga minyak bumi naik ke level tertinggi sejak 2014. 31 negara anggota Badan Energi Internasional hari Selasa, (1/3/2022) sepakat melepaskan 60 juta barel minyak dari cadangan strategis. (Sumber: Spencer Platt/Getty Images North America)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

FRANKFURT, KOMPAS.TV — Sebanyak 31 negara anggota Badan Energi Internasional atau IEA pada Selasa (1/3/2022) kemarin sepakat melepaskan 60 juta barel minyak dari cadangan strategis mereka, dimana setengahnya dari Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir dari Associated Press, Rabu (2/3), hal ini dilakukan untuk mengirim pesan yang kuat ke pasar minyak bahwa pasokan akan minyak mentah tidak akan berkurang setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Dewan IEA yang berbasis di Paris, Prancis membuat keputusan pada pertemuan luar biasa para menteri energi yang dipimpin oleh Menteri Energi AS Jennifer Granholm.

Gronholm mengatakan dalam sebuah pernyataan, Presiden AS Joe Biden menyetujui komitmen 30 juta barel dan Amerika Serikat dan siap mengambil tindakan tambahan jika diperlukan.

“Keputusan kelompok tersebut mencerminkan komitmen bersama kami untuk mengatasi gangguan pasar dan pasokan signifikan terkait dengan perang Presiden Putin terhadap Ukraina,” kata Granholm.

Rusia memainkan peran besar di pasar energi global sebagai produsen minyak terbesar ketiga. Ekspornya 5 juta barel minyak mentah per hari atau sekitar 12 persen dari perdagangan minyak global.

Sekitar 60 persen minyak mentah Rusia pergi ke Eropa dan 20 persen lainnya ke China.

Sejauh ini, sanksi AS dan Eropa tidak melarang ekspor minyak atau gas, dan telah memasukkan pengecualian untuk transaksi pembayaran minyak dan gas.

Para pemimpin Barat pun enggan membatasi ekspor minyak Rusia pada saat pasar energi global sedang ketat dan harga tinggi memicu inflasi di negara maju.

Baca Juga: Harga Minyak Bumi Naik ke Level Tertinggi Selama 7 tahun Terakhir, Dipicu Instabilitas Geopolitik

Ladang pengeboran minyak Udmurtia Petroleum Corp di Udmurtia, sebuah republik di Rusia barat. 31 negara anggota Badan Energi Internasional hari Selasa, (1/3/2022) sepakat melepaskan 60 juta barel minyak dari cadangan strategis. (Sumber: Xinhua/Bai Xueqi)

Tapi invasi masih mengguncang pasar di seluruh dunia. Pada Selasa kemarin saja  harga minyak melonjak dengan patokan minyak mentah AS melampaui 106 dollar per barel, harga tertinggi sejak 2014.

“Situasi di pasar energi sangat serius dan menuntut perhatian penuh kami,” sambung direktur eksekutif IEA Fatih Birol.

“Keamanan energi global berada di bawah ancaman, menempatkan ekonomi dunia dalam risiko selama tahap pemulihan yang rapuh.”

Pada Januari 2022 lalu, IEA mengatakan permintaan global minyak mentah tercatat 100,2 juta barel per hari pada kuartal keempat tahun 2021.

"Permintaan diperkirakan akan tumbuh menjadi rata-rata 100,6 juta barel per hari tahun ini, sejalan dengan makin berkurangnya kebijakan pembatasan penyebaran Covid-19," kata IEA.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x