Kompas TV internasional kompas dunia

Dubai Tetapkan Penggunaan Kantong Plastik Berbayar, Sepenuhnya Larang 2 Tahun Lagi

Kompas.tv - 8 Februari 2022, 11:07 WIB
dubai-tetapkan-penggunaan-kantong-plastik-berbayar-sepenuhnya-larang-2-tahun-lagi
Ilustrasi. Kincir ria bianglala terbesar dan tertinggi di dunia di Dubai, Uni Emirat Arab. Pada Senin (7/2/2022), Dubai mengaku akan mengenakan biaya untuk kantong plastik dan melarangnya dua tahun lagi. (Sumber: Timeout Dubai)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

DUBAI, KOMPAS.TV - Keamiran Dubai di Uni Emirat Arab mengumumkan akan mulai menetapkan ongkos tersendiri bagi penggunaan kantong plastik di wilayahnya. Hal tersebut disampaikan otoritas Dubai pada Senin (7/2/2022).

Dubai berniat melarang sepenuhnya penggunaan kantong plastik dua tahun ke depan. Kebijakan ini ditempuh karena kekhawatiran akan dampak lingkungan kantong plastik.

“Keberlanjutan telah menjadi suatu imperatif di tingkat global, diperkuat dengan mengubah perilaku masyarakat dengan cara yang mengurangi limbah lingkungan per individu,” tulis pernyataan kanotr media Dubai sebagaimana dikutip Associated Press.

Baca Juga: Miris, Bangkai Penyu Mulut Penuh Plastik Terdampar di Tepi Pantai Cangkring Bantul

Per 1 Juli 2022 mendatang, tiap kantong plastik yang digunakan dikenakan biaya tambahan 25 fils atau sekitar 1.000 rupiah.

Uni Emirat Arab telah merasakan sendiri dampak sampah plastik. Sejumlah unta dan penyu ditemukan mati akibat sampah plastik.

Sebelumnya, pusat-pusat perbelanjaan di Dubai telah mengampanyekan penggunaan tas yang dapat digunakan kembali untuk berbelanja.

Dubai merupakan keamiran paling populer di Uni Emirat Arab. Jutaan wisatawan dari berbagai penjuru dunia mengunjungi Dubai setiap tahunnya.

Baca Juga: Belasan Gajah di Sri Lanka Mati karena Makan Limbah Plastik


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x