Kompas TV regional berita daerah

Miris, Bangkai Penyu Mulut Penuh Plastik Terdampar di Tepi Pantai Cangkring Bantul

Kompas.tv - 20 Januari 2022, 19:17 WIB
miris-bangkai-penyu-mulut-penuh-plastik-terdampar-di-tepi-pantai-cangkring-bantul
Bangkai penyu dengan mulut penuh plastik terdampar di Pantai Cangkring, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta, Rabu (19/1/2022). (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Warga menemukan bangkai penyu dengan mulut penuh plastik terdampar di Pantai Cangkring, Poncosari, Srandakan, Bantul, Yogyakarta, Rabu (19/1/2022).  Warga pun melaporkan temuan bangkai penyu mulut penuh plastik itu ke pos SAR Pantai Baru Bantul.

Menurut Koordinator SAR Satlinmas Wilayah 4 Pantai Samas-Pantai Pandansimo, Dwi Rias Pamuji, setelah mendapat laporan warga, tim SAR bersama anggota Ditpolair Polda DIY langsung menuju ke lokasi penemuan. Ia juga berkoordinasi dengan perwakilan BKSDA di Pantai Gua Cemara untuk memeriksa kondisi bangkai penyu. 

Saat diperiksa, penyu tersebut merupakan jenis penyu hijau dengan panjang karapas 75 sentimeter dan lebar 60 sentimeter. Diperkirakan penyu ini sudah mati lebih dari tiga hari karena kondisinya sudah membusuk.

Baca Juga: Polisi Mengungkap Perdagangan Penyu Hijau

“Kemungkinan penyebab kematian penyu karena makan sampah plastik,” ujarnya.

Ia tidak menampik jika penemuan bangkai penyu itu bukan pertama kali terjadi. Namun, bangkai penyu dengan mulut penuh plastik, nyaris tidak ada.

Ia menduga, penyebab penyu makan plastik karena banyaknya sampah plastik dari sungai yang terbawa hingga ke laut selatan. Terlebih, saat ini musim penghujan, sehingga sampah sungai mengalir terbawa ke laut.

Baca Juga: Polisi Ungkap Perdagangan Hewan Dilindungi, Pelaku Kerap Jual Penyu Hijau ke Rumah Makan!

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x