Kompas TV internasional kompas dunia

Penelitian Terbaru: Terumbu Karang Dunia akan Musnah Meskipun Target Iklim Paris Terpenuhi

Kompas.tv - 2 Februari 2022, 16:10 WIB
penelitian-terbaru-terumbu-karang-dunia-akan-musnah-meskipun-target-iklim-paris-terpenuhi
Terumbu karang yang menampung seperempat satwa laut dan mata pencaharian lebih dari setengah miliar orang di dunia kemungkinan besar akan musnah, bahkan jika pembatasan kenaikan suhu bumi tercapai sesuai Paris Climate Goals, kata para peneliti, seperti dilansir Straits Times, Selasa (1/2/2022). (Sumber: Bloomberg)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

PARIS, KOMPAS.TV - Terumbu karang yang menampung seperempat satwa laut dan mata pencaharian lebih dari setengah miliar orang di dunia,  kemungkinan besar akan musnah, bahkan jika pembatasan kenaikan suhu bumi tercapai sesuai Paris Climate Goals, kata para peneliti, seperti dilansir Straits Times, Selasa (1/2/2022).

Peningkatan suhu 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri membuat lebih dari 99 persen terumbu karang dunia tidak dapat pulih dari peningkatan frekuensi arus gelombang panas laut, seperti laporan para peneliti dalam jurnal PLOS Climate.

Pada dua derajat pemanasan suhu bumi, kematian terumbu karang akan menjadi 100 persen menurut penelitian, yang pengukurannya menggunakan metode terbaru, yaitu model iklim generasi baru dengan resolusi satu kilometer persegi.

“Kenyataan yang nyata adalah tidak ada batas aman pemanasan global untuk terumbu karang,” penulis utama Adele Dixon, peneliti di Biologi Universitas Leeds, mengatakan kepada Agence France-Presse.

"(kenaikan suhu bumi) 1,5 derajat Celcius adalah pemanasan yang masih terlalu tinggi bagi ekosistem di garis depan perubahan iklim."

Perjanjian Paris 2015 memerintahkan hampir 200 negara untuk menjaga pemanasan global "jauh di bawah" 2 derajat C.

Dunia saat ini menyepakati perjanjian yang lebih ambisius dari batas 1,5 derajat Celcius, menyusul berbagai badai yang lebih mematikan, banjir, gelombang panas, dan kekeringan setelah hanya 1,1 derajat celsius pemanasan global hingga saat ini.

Sebuah laporan penting pada bulan Agustus oleh panel iklim IPCC PBB mengatakan suhu global bisa mencapai ambang batas 1,5 derajat Celcius segera setelah tahun 2030.

Pada tahun 2018, IPCC memperkirakan 70 hingga 90 persen terumbu karang akan hilang pada ambang batas 1,5 derajat C, dan 99 persen jika suhu naik setengah derajat lagi.

Temuan baru menunjukkan perkiraan suram itu sebenarnya terlalu optimis.

Baca Juga: Kerjasama Coral Triangle Center Dan Kompas Gramedia Group Untuk Pelestarian Terumbu Karang

Peta sebaran terumbu karang di segitiga karang dunia atau coral triangle, dengan terpadat di dunia berada di Indonesia. Terumbu karang yang menampung seperempat satwa laut dan mata pencaharian lebih dari setengah miliar orang di dunia kemungkinan besar akan musnah, bahkan jika pembatasan kenaikan suhu bumi tercapai sesuai Paris Climate Goals, kata para peneliti, seperti dilansir Straits Times, Selasa (1/2/2022). (Sumber: Coral Triangle Center)



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x