Kompas TV internasional kompas dunia

Murka Diremehkan Korsel, Korut Kembali Tes Rudal Balistik yang Diklaim 10 Kali Kecepatan Suara

Kompas.tv - 11 Januari 2022, 17:27 WIB
murka-diremehkan-korsel-korut-kembali-tes-rudal-balistik-yang-diklaim-10-kali-kecepatan-suara
Televisi di ruang tunggu Stasiun Seoul, Korea Selatan menampilkan berita peluncuran rudal balistik Korea Utara, Selasa (11/1/2022). (Sumber: Ahn Young-joon/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

SEOUL, KOMPAS.TV - Korea Utara dilaporkan kembali menguji coba rudal balistik pada Selasa (11/1/2022). Ini merupakan tes rudal balistik kedua Pyongyang dalam kurun hanya satu pekan.

Sebelumnya, Rabu (5/1), Korea Utara sudah meluncurkan satu rudal balistik ke lautan. Rudal ini meledak di perairan antara Semenanjung Korea dan Jepang.

Uji coba rudal balistik merupakan bagian program rezim Kim Jong-un mengembangkan persenjataan canggih, mengabaikan protes komunitas internasional.

Pyongyang berencana membuat hulu ledak nuklir dan rudal hipersonik, peluru kendali yang bisa meluncur lima kali kecepatan suara atau lebih.

Pada percobaan awal tahun ini, Pyongyang mengklaim rudalnya menembus kecepatan hipersonik dan bisa bermanuver dengan presisi.

Akan tetapi, sesumbar itu dibantah Korea Selatan. Dalam tanggapan yang jarang terjadi, Seoul menduga Pyongyang belum punya teknologi meluncurkan rudal hipersonik dan yang mereka tembakkan hanyalah rudal balistik biasa.

Sejumlah pengamat pun menyebut uji coba pada Selasa (11/1) yang hanya berselang enam hari ditujukan Korut untuk merespons tudingan tetangganya.

Baca Juga: Korut Klaim Luncurkan Rudal Hipersonik, Dibantah Korsel: Berlebihan, Itu Hanya Rudal Balistik Biasa

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan menyebut rudal yang ditembakkan Korut kali ini menempuh jarak 700 kilometer. Rudal ditembakkan dari provinsi Jagang di utara Korut.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x