Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden AS Joe Biden Hantam Donald Trump pada Pidato Peringatan Kerusuhan 6 Januari 2021

Kompas.tv - 7 Januari 2022, 07:05 WIB
presiden-as-joe-biden-hantam-donald-trump-pada-pidato-peringatan-kerusuhan-6-januari-2021
Presiden AS Joe Biden berpidato di upacara peringatan pertama pemberontakan di US Capitol di Washington DC pada 6 Januari 2022. Biden tanpa tedeng aling-aling menuding Donald Trump atas serangan 6 Januari di gedung Kongres, Capitol tahun lalu, dan atas perbuatannya menyebarkan kebohongan karena dia tidak bisa menerima kekalahan pada pemilu presiden Amerika Serikat tahun 2020. (Sumber: Straits Times via Bloomberg)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden secara terang-terangan menyalahkan pendahulunya, Donald Trump, atas serangan 6 Januari di gedung Kongres Amerika Serikat, Capitol, tahun lalu.

Biden juga menyalahkan Trump atas perbuatannya menyebarkan kebohongan karena tidak bisa menerima kekalahan pada pemilu presiden tahun 2020.

Seperti dilansir Straits Times, Jumat (7/1/2022), Biden mengungkapkan tudingan tersebut dalam pidatonya pada Kamis (6/1/2022) yang menandai satu tahun peristiwa penyerbuan yang dipandang sebagai upaya pemberontakan.

Dalam pernyataannya yang paling kritis tentang Trump hingga saat ini, Biden menyebut pemberontakan oleh massa pendukung Trump sebagai serangan terhadap demokrasi, dan memperingatkan, AS harus bertindak untuk menopang demokrasinya.

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah kita, seorang presiden tidak hanya kalah dalam pemilihan. Dia mencoba untuk mencegah pemindahan kekuasaan secara damai ketika massa yang kejam menyerbu gedung Capitol,” kata Biden, yang tidak menyebut nama Trump.

“Mantan presiden Amerika Serikat itu telah membuat dan menyebarkan jaringan kebohongan tentang pemilu 2020. Dia melakukannya karena... egonya yang terluka lebih penting baginya daripada demokrasi kita atau Konstitusi kita. Dia tidak bisa menerima dirinya adalah orang yang kalah.”

Baca Juga: Terbuai Dipuji Biden, Trump Melunak: Sulit untuk Terlalu Kritis Padanya

Acara peringatan kerusuhan di Washington yang mengakibatkan lima orang tewas dan 140 petugas polisi terluka, terbelah oleh keberpihakan dan garis politik.

Anggota Kongres dari partai Demokrat dijadwalkan untuk mengheningkan cipta, mendengar kesaksian langsung dari anggota parlemen dan mengadakan doa bersama di tangga Capitol, di antara acara-acara lainnya.

Sementara partai Republik diperkirakan tidak akan mengambil bagian dalam kegiatan tersebut. Trump sebelumnya berencana mengadakan konferensi pers di Mar-a-Lago, tetapi membatalkannya atas desakan para penasihatnya.

Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris, yang keduanya berbicara dari Aula Patung yang penuh hiasan tempat massa mengamuk setahun yang lalu, dengan jelas mengingat adegan-adegan dari serangan itu.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah AS, bendera Konfederasi dikibarkan di Gedung Kongres, sesuatu yang belum pernah terjadi bahkan selama Perang Saudara, kata Biden.

Bendera AS dipasang pada sebuah tiang dan digunakan sebagai tombak, petugas polisi diserang dan tiang gantungan didirikan untuk Wakil Presiden Mike Pence, yang berada di gedung Kongres untuk memimpin sertifikasi kemenangan pemilihan, lanjutnya.

“Ini bukan sekelompok turis. Ini adalah pemberontakan bersenjata. Mereka ingin menyangkal kehendak rakyat,” kata Biden.

“Mereka yang menyerbu Capitol ini, dan mereka yang menghasut dan menghasut, dan mereka yang meminta mereka untuk melakukannya, mengacungkan belati di tenggorokan Amerika – pada demokrasi Amerika.”



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x