Kompas TV internasional kompas dunia

Truk Tangki Minyak Meledak di Haiti, Puluhan Orang Tewas

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 20:46 WIB
truk-tangki-minyak-meledak-di-haiti-puluhan-orang-tewas
Ilustrasi. Seorang petugas bersenjata mengawal pengisian bahan bakar dari truk tangki di sebuah SPBU di Port-au-Prince, Haiti, 31 Oktober 2021. Pada Selasa (14/12), ledakan truk tangki di Cap-Haitien, Haiti menewaskan puluhan orang. (Sumber: Matias Delacroix/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

PORT-AU-PRINCE, KOMPAS.TV - Sebuah truk tangki yang memuat minyak meledak di wilayah utara Haiti pada Selasa (14/12/2021) dini hari waktu setempat. Lebih dari 40 orang tewas akibat ledakan ini.

Ledakan itu terjadi di kota Cap-Haitien. Selain menewaskan lebih dari 40 orang, ledakan juga membuat puluhan lainnya harus dilarikan ke rumah sakit.

“Tiga hari dukacita akan didekritkan di seluruh wilayah. Mengenang korban tragedi ini, seluruh negara Haiti berdukacita,” cuit Perdana Menteri Haiti Ariel Henry.

Baca Juga: Distribusi Bahan Bakar di Ibu Kota Haiti Harus Seizin Geng, Pemerintah Tak Berkutik

Melansir Associated Press, detail insiden ini belum diketahui. Truk tangki tersebut diduga dikerumuni banyak orang sebelum meledak.

Menurut surat kabar Le Nouvelliste, rumah sakit kewalahan merawat korban luka dan meminta tambahan persediaan.

Dave Larose, seorang saksi mata, menyebut penduduk sekitar memadati truk tangki untuk mengambil minyak.

Sekitar pukul 1 pagi, Larose berkendara melintasi tempat kejadian. Menurutnya, beberapa orang mengais minyak dari tangki menggunakan ember.

Haiti sendiri sedang mengalami krisis bahan bakar. Suplai bahan bakar minyak dan gas menipis sedangkan harganya semakin meroket.

“Apa yang dilalui negara kami itu mengerikan,” kata Larose.

Baca Juga: Pipa Minyak Pertamina Meledak


 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x