Kompas TV internasional kompas dunia

Peraih Nobel Perdamaian Malala Yousafzai Menikah

Kompas.tv - 10 November 2021, 11:30 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

KOMPAS.TV - Malala Yousafzai, aktivis Pakistan dan pemenang termuda Hadiah Nobel perdamaian, mengumumkan bahwa dia telah menikah pada hari Selasa, 9 November 2021.

Malala menikah dengan Asser Malik dalam sebuah akad nikah yang sederhana, yang dihadiri oleh keluarga dan diselenggarakan di rumahnya di Birmingham, Inggris.

Baca Juga: Ulama Garis Keras Pakistan Ditangkap karena Ancam Malala Yousafzai dengan Serangan Bunuh Diri

Tak banyak informasi mengenai siapa suami Malala, namun kabar yang beredar di internet menyatakan bahwa Asser Malik merupakan manajer umum Pusat Kinerja Tinggi Dewan Kriket Pakistan. Meski demikian, belum ada sumber resmi yang dapat mengonfirmasi hal tersebut.

Malala Yousafzai menjadi fokus perhatian dunia setelah selamat dari penembakan saat ia masih berusia 15 tahun. Ia ditembak Taliban pada 2012, saat ia sedang dalam perjalanan pulang dari sekolah.

Baca Juga: Tinggalkan Pakistan, Malala Yousafzai Bertolak ke Inggris

Malala menjadi incaran Taliban lantaran pada awal tahun 2009, saat berumur sekitar 11 dan 12, ia menulis di blognya di bawah nama samaran untuk BBC secara mendetail tentang betapa mengerikannya hidup di bawah pemerintahan Taliban.

Kini dia dikenal sebagai juru kampanye untuk pendidikan anak perempuan. Malala dihormati di banyak bagian dunia, terutama di negara-negara Barat, karena keberanian dan kefasihannya dalam mengadvokasi hak anak dan perempuan. 

Video editor: Jihan Zahirah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x