Kompas TV internasional kompas dunia

TOK! Pengadilan Italia Jatuhkan Hukuman Penjara Puluhan Tahun Bagi 91 Anggota Mafia Ndrangheta

Kompas.tv - 7 November 2021, 07:07 WIB
tok-pengadilan-italia-jatuhkan-hukuman-penjara-puluhan-tahun-bagi-91-anggota-mafia-ndrangheta
Pengadilan Italia, seperti dilansir France24, Minggu (7/11/2021) menjatuhkan hukuman bagi 70 anggota mafia dan lainnya dalam ujian penting pertama dari pengadilan mafia terbesar selama lebih dari tiga dekade terakhir. (Sumber: France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

ROMA, KOMPAS.TV - Aparat hukum Italia melakukan pukulan awal Sabtu (6/11/2021) terhadap kelompok kejahatan terorganisir 'Ndrangheta yang kuat di negara itu.

Pengadilan Italia, seperti dilansir France24, Minggu (7/11) menjatuhkan hukuman bagi 70 anggota mafia dan lainnya dalam ujian penting pertama dari pengadilan mafia terbesar selama lebih dari tiga dekade terakhir.

Hakim Claudio Paris membacakan vonis dan hukuman terhadap 91 terdakwa di ruang sidang besar di kota Lamezia Terme, Calabria.

Namun 355 orang belum diadili masih dalam proses yang akan berlangsung dua tahun lebih, dan mereka yang diadili pada hari Sabtu memilih untuk diadili dengan cepat.

Prosedur itu, yang berlangsung di balik pintu tertutup, memungkinkan mereka untuk memotong sepertiga dari hukuman mereka jika mereka terbukti bersalah.

Sejak Januari, ruang sidang yang disesuaikan secara khusus telah menjadi tuan rumah "pengadilan maxi" dari ratusan tersangka yang berafiliasi dengan 'Ndrangheta, sebuah kelompok mafia terkaya dan terkuat di negara itu saat ini.

Jaksa anti-mafia terkenal Nicola Gratteri, yang usahanya untuk mengalahkan 'Ndrangheta' telah menyebabkan dirinya hidup di bawah pengawalan polisi selama lebih dari 30 tahun, mengatakan hukuman itu berjalan "sangat baik".

"Dari 91 terdakwa, ada 70 orang yang dianggap tidak bersalah, (sekarang terbukti bersalah dan) dihukum," kata Gratteri kepada kantor berita Italia AdnKronos, menambahkan mereka yang dibebaskan adalah pemain di bawah umur.

Baca Juga: Ratusan Aparat Gabungan Tangkap Mafia Italia Ndrangheta di Seluruh Eropa

Jaksa anti-mafia terkenal Nicola Gratteri, yang usahanya untuk mengalahkan Ndrangheta telah menyebabkan dia hidup di bawah pengawalan polisi selama lebih dari 30 tahun, mengatakan hukuman itu berjalan sangat baik. (Sumber: France24)

Beberapa anggota kelompok yang paling berbahaya menerima hukuman maksimum 20 tahun seperti yang tuntutan jaksa.

Mereka termasuk Domenico Macri dari sayap militer kelompok itu; Pasquale Gallone, tangan kanan dari tersangka bos mafia Luigi Mancuso, yang persidangannya masih tertunda; dan Gregorio Niglia, yang perannya termasuk pengadaan senjata dan pemerasan.

Sekitar sepertiga dari kelompok itu menerima hukuman satu dekade atau lebih, sementara 21 orang dibebaskan dengan tujuh orang atas permintaan jaksa, kata Gratteri.



Sumber : France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x