Kompas TV internasional kompas dunia

Toilet Rusak, Astronaut NASA di SpaceX Terpaksa Pakai Popok dalam Perjalanan Pulang ke Bumi

Kompas.tv - 7 November 2021, 04:35 WIB
toilet-rusak-astronaut-nasa-di-spacex-terpaksa-pakai-popok-dalam-perjalanan-pulang-ke-bumi
Para astronaut yakni (dari kiri ke kanan) Mark Vande Hei, Shane Kimbrough, Akihiko Hoshide and Megan McArthur tampak berpose dengan cabai merah dan hijau hasil tanam mereka di Stasiun Luar Angkasa Internasional, Jumat (5/11/2021). Para astronaut yang akan meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Minggu (7/11/2021) terpaksa menggunakan popok dalam perjalanan mereka kembali ke Bumi lantaran toilet kapsul mereka rusak. (Sumber: NASA via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.TV – Para astronaut yang akan meninggalkan Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Minggu (7/11/2021) terpaksa menggunakan popok dalam perjalanan mereka kembali ke Bumi. Ini lantaran toilet kapsul mereka rusak.

Astronaut NASA Megan McArthur menggambarkan situasi rusaknya toilet kapsul itu dengan menyebutnya sebagai ‘kurang optimal, tapi bisa diatasi’. McArthur dan tiga awak lain akan menghabiskan 20 jam dalam kapsul SpaceX, mulai dari penutupan pintu palka hingga Senin (8/11/2021) pagi saat kapsul dijadwalkan lepas landas menuju Bumi. 

“Luar angkasa sungguh penuh dengan tantangan-tantangan kecil,” ujarnya dalam konferensi pers dari orbit Bumi pada Jumat (5/11/2021) seperti dikutip dari Associated Press, Sabtu (6/11/2021).

“Ini hanya satu tantangan lain yang kami temui dan harus kami atasi dalam misi kami. Jadi, kami tak terlalu khawatir soal ini.”

Setelah melalui serangkaian rapat pada Jumat (5/11/2021), para manajer misi memutuskan untuk membawa pulang McArthur dan awak lainnya sebelum mengirim awak pengganti.

Peluncuran kapsul SpaceX dari Bumi sendiri sudah tertunda lebih dari seminggu lantaran cuaca buruk dan masalah medis salah seorang awak. Kapsul SpaceX dari Bumi itu kini dijadwalkan lepas landas paling cepat pada Rabu (10/11/2021) malam mendatang.

Baca Juga: SpaceX Tunda Terbangkan Empat Astronaut Gara-Gara Angin dan Gelombang Kencang

Guncangan dan Toilet Bocor

Astronaut Prancis Thomas Pesquet yang akan kembali bersama McArthur menceritakan kondisi di Stasiun Luar Angkasa Internasional selama 6 bulan terakhir. “Lumayan menegangkan,” katanya pada para wartawan. 

Para astronaut, tuturnya, melakukan serangkaian perjalanan luar angkasa untuk meningkatkan jaringan listrik stasiun luar angkasa. Pun, mengalami guncangan lantaran stasiun luar angkasa itu berputar singkat saat kendaraan luar angkasa Rusia merapat dan tak sengaja menembakkan sejumlah pendorong. Para awak juga menjadi tuan rumah sejumlah kru film Rusia yang tiba. 

Baca Juga: Rusia Lakukan Syuting Film Pertama di Luar Angkasa



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x