Kompas TV internasional kompas dunia

SpaceX Tunda Terbangkan Empat Astronaut Gara-Gara Angin dan Gelombang Kencang

Kompas.tv - 31 Oktober 2021, 02:05 WIB
spacex-tunda-terbangkan-empat-astronaut-gara-gara-angin-dan-gelombang-kencang
Empat astronaut (dari kiri ke kanan), yakni Matthias Maurer dari lembaga antariksa Eropa ESA; serta Tom Marshburn, Raja Chari, dan Kayla Barron dari NASA, berpose setiba di Pusat Luar Angkasa Kennedy di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Selasa (26/10/2021). SpaceX terpaksa menunda menerbangkan keempat astronaut itu ke Stasiun Luar Angkasa Internasional gara-gara angin dan gelombang kencang melanda. (Sumber: Joel Kowsky/NASA via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.TV – SpaceX menunda menerbangkan empat orang astronaut untuk NASA hingga Rabu (3/11/2021) pekan depan karena angin dan gelombang kencang melanda.

Melansir Associated Press, empat astronaut dijadwalkan lepas landas pada Minggu (31/10/2021) pagi dalam misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional selama enam bulan. 

Empat astronaut itu yakni Matthias Maurer dari Jerman dari lembaga antariksa Eropa ESA; serta Tom Marshburn, Raja Chari, dan Kayla Barron dari lembaga antariksa Amerika Serikat (AS) NASA.

Baca Juga: Elon Musk Diproyeksi Jadi Triliuner Pertama di Dunia Karena SpaceX

Namun, meski Pusat Luar Angkasa Kennedy NASA melaporkan prakiraan cuaca yang hampir sempurna, badai besar di kawasan timur laut menyebabkan laut bergolak hingga ke pesisir. Keselamatan awak yang berisiko terancam membuat para manajer SpaceX kemudian memutuskan menunda peluncuran pada Sabtu (30/10/2021).

Untuk peluncuran kru, SpaceX mensyaratkan cuaca yang baik sepanjang Pesisir Timur dan melintasi Atlantik Utara ke Irlandia. Ini sebagai antisipasi jika terjadi kesalahan dan kapsul terpaksa harus melakukan pendaratan darurat.

Baca Juga: Gara-Gara Masalah Toilet, SpaceX Perbaiki Kapsul Luar Angkasanya

Cuaca diperkirakan lebih tenang pada Rabu mendatang. Hingga saat itu, empat astronaut yang terdiri dari seorang warga Jerman dan tiga warga AS itu akan tetap berada di Pusat Luar Angkasa Kennedy.

Peluncuran ini akan menjadi penerbangan astronaut ke-4 SpaceX untuk NASA dalam waktu 1,5 tahun dan penerbangan ke-5 penumpang perusahaan itu secara keseluruhan. 

Bulan lalu, SpaceX meluncurkan penerbangan pribadi pertama dengan menerbangkan seorang miliarder dan tiga tamunya ke orbit Bumi.

Baca Juga: Empat Warga Sipil yang Pergi ke Luar Angkasa dengan SpaceX Telah Kembali ke Bumi

 


 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x