Kompas TV internasional kompas dunia

Jurnalis Iran Ditembaki Pemotor di Kabul Afghanistan

Kompas.tv - 31 Oktober 2021, 21:59 WIB
jurnalis-iran-ditembaki-pemotor-di-kabul-afghanistan
Ilustrasi penembakan. Jurnalis asal Iran, Ali Reza Sharifi, ditembaki orang tak dikenal saat berada di Kabul, Afghanistan pada Jumat malam (29/10/2021). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

KABUL, KOMPAS.TV - Jurnalis asal Iran, Ali Reza Sharifi, ditembaki di jalanan Kabul, Afghanistan pada Jumat (29/10/2021) malam waktu setempat. Penyerang memberondong tembakan dengan membonceng sepeda motor.

Saat kejadian, Sharifi sedang mengendarai mobil bersama keluarganya. Semua penumpang selamat kendati Sharifi mengalami luka-luka.

“Sebuah sepeda motor datang dari arah kiri dan mendekati saya. Terdapat dua orang dan mereka membuka tembakan. Kaca mobil pecah dan pecahannya mengenai mata kiri saya. Sebutir peluru menyerempet sebagian bibir saya dan melukainya,” kata Sharifi kepada Associated Press.

Baca Juga: Bagi Petani Melarat Afghanistan, Dampak Perubahan Iklim Lebih Mengerikan daripada Perang

Jurnalis Islamic Republic of Iran Broadcasting (IRIB) itu kemudian berusaha menghindar dengan mobilnya. Para penyerang dilaporkan segera kabur setelah menembaki mobil.

Serangan terhadap Sharifi menambah daftar kekerasan terhadap jurnalis di Afghanistan. Pekan lalu, serikat jurnalis di Afghanistan melaporkan naiknya jumlah kekerasan terhadap jurnalis di negara itu.

Sejak penarikan pasukan koalisi pada Agustus lalu, tiga jurnalis telah tewas di Afghanistan. Ketiganya tewas dalam serangan ISIS-K.

Otoritas Taliban mengaku telah mengetahui serangan ini dan sedang melakukan investigasi.

“Kami sedang melakukan penyelidikan untuk menangkap pelaku,” kata deputi juru bicara Taliban, Bilal Karimi.

Baca Juga: Taliban Berkuasa, Kekerasan terhadap Jurnalis Afghanistan Meningkat


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x