Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu AS Jumpa Menlu China di KTT G20 Bahas Taiwan, Larang Beijing Bertindak Unilateral

Kompas.tv - 31 Oktober 2021, 18:07 WIB
menlu-as-jumpa-menlu-china-di-ktt-g20-bahas-taiwan-larang-beijing-bertindak-unilateral
Menlu Amerika Serikat Antony Blinken bertemu Menlu China Wang Yi di sela KTT G20, Minggu, 31 Oktober 2021. Dalam pertemuan itu, Blinken memperingatkan kepada Wang Yi bahwa Amerika Serikat menentang tindakan Beijing yang meningkatkan ketegangan di Selat Taiwan. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

ROMA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken, Minggu (31/10/2021), memberi peringatan kepada Menteri Luar Negeri China Wang Yi bahwa AS menentang tindakan Beijing yang meningkatkan ketegangan di Selat Taiwan.

Demikian diungkapkan seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS seperti dilansir Straits Times.

Selama pertemuan selama satu jam dengan Wang di sela-sela pertemuan puncak para pemimpin negara-negara G20, Blinken dengan "sangat jelas" menekankan Washington menentang setiap perubahan yang dilakukan secara sepihak oleh Beijing terhadap status quo, kata pejabat itu.

AS ingin mengelola persaingan ketat antara dua ekonomi terbesar dunia tersebut secara bertanggung jawab, kata pejabat itu, seraya menambahkan pentingnya kedua belah pihak mengakui bahwa jalur komunikasi terbuka adalah yang terpenting.

Pertemuan bilateral di Roma itu terjadi di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang dihadiri kedua diplomat dan masuk dalam jadwal publik Blinken untuk hari Minggu.

Ini adalah perjumpaan pertama Blinken dan Wang sejak pertemuan di Alaska pada Maret lalu di mana delegasi China mencaci maki pihak AS dan disiarkan langsung oleh TV.

Ketegangan tinggi antara dua ekonomi terbesar dunia itu terjadi di banyak bidang, termasuk perdagangan, hak asasi manusia, Taiwan, dan pandemi Covid-19.

Baca Juga: China Murka Ada Pasukan AS di Taiwan: Kemerdekaan Taiwan Jalan Buntu

Tentara Taiwan saat parade militer dalam peringatan hari nasional di Taipei, Minggu (10/10/2021). Menlu Amerika Serikat Antony Blinken bertemu Menlu China Wang Yi di sela KTT G20, Minggu, 31 Oktober 2021. Dalam pertemuan itu, Blinken memperingatkan Wang bahwa Amerika Serikat menentang tindakan Beijing yang meningkatkan ketegangan di Selat Taiwan. (Sumber: Chiang Ying-ying/Associated Press)

Awal pekan ini, Washington memerintahkan China Telecom Americas untuk berhenti beroperasi dalam waktu 60 hari, mengakhiri hampir dua dekade operasi perusahaan itu di AS dan menambah ketegangan lebih lanjut pada hubungan antara kedua negara.

Presiden AS Joe Biden terus maju dengan kebijakan perdagangan garis keras terhadap Beijing, secara luas sejalan dengan pendahulunya, Donald Trump, yang pendekatan bombastisnya membuat ketegangan saat itu makin menjadi-jadi.

Ketegangan juga meningkat di Taiwan dalam beberapa bulan terakhir.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x