Kompas TV internasional kompas dunia

Menangi Pemilu Jerman, Ini Profil Kandidat Kanselir Olaf Scholz

Kompas.tv - 27 September 2021, 21:58 WIB
menangi-pemilu-jerman-ini-profil-kandidat-kanselir-olaf-scholz
Kandidat kanselir Jerman dari Partai Sosial Demokrat yang memenangi Pemilu, Olaf Scholz. (Sumber: Lisa Leutner/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

BERLIN, KOMPAS.TV - Partai Sosial Demokrat (SPD) memenangi Pemilu Jerman dengan sosok Olaf Scholz sebagai kandidat kanselir. Sosok politisi ini amat berjasa membantu SPD meraih kemenangan tak terduga setelah sebelumnya hanya mendapat sedikit dukungan.

Sebagaimana dilansir DW, pada musim semi 2021, SPD hanya mendapatkan 15 persen suara berdasarkan hasil survei. Kini mereka menang pemilu dengan 25,7 persen suara, unggul tipis atas aliansi inkumben Serikat Demokratik Kristen (CDU) dan Serikat Kristen Sosial (CSU).

Akan tetapi, kendati menang pemilu, Scholz belum tentu akan menjadi kanselir. Ia mesti menunggu keputusan koalisi yang belum terbentuk. Meskipun demikian, Scholz tetap difavoritkan menjadi kanselir selanjutnya sebagai pemenang pemilu.

Baca Juga: Partai Angela Merkel Kalah Tipis, Hasil Pemilu Jerman Tak Janjikan Pemerintahan Solid

Olaf Scholz lahir di Osnabrueck, Jerman Barat pada 14 Juni 1958. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah, Scholz kuliah ilmu hukum di Universitas Hamburg. 

Saat muda, Scholz juga menjadi anggota organisasi kepemudaan SPD. Ia kemudian lulus dan menjadi pengacara, mengkhususkan diri pada hukum perburuhan dan ketenagakerjaan.

Scholz kemudian terjun ke politik menjadi anggota SPD dan terpilih mengisi parlemen federal pada 1998. Ia mengundurkan diri pada 2001 untuk menjadi senator Hamburg di bawah pemerintahan Wali Kota Otwin Runde.

Pada 2007, ia masuk ke dalam pemerintahan Angela Merkel menjadi Menteri Perburuhan dan Urusan Sosial. Dua tahun kemudian, setelah SPD keluar dari pemerintahan usai pemilu, Scholz ditunjuk menjadi wakil pemimpin partai.

Pada 2011, Scholz menjadi wali kota Hamburg. Jabatan ini diembannya hingga Maret 2018. Scholz kemudian ditunjuk menjadi wakil kanselir Angela Merkel sekaligus menteri keuangan. 

Scholz dinominasikan oleh SPD sebagai kandidat kanselir pada Agustus 2020. Ia mewakili faksi Kiri-Tengah yang ada di partai ini. Ditunjuknya Scholz dianggap sebagai simbol penurunan pengaruh golongan Kiri di SPD.

Kini, Olaf Scholz dipandang sebagai politisi beraliran moderat. Melansir DW, dulunya ia adalah sosialis radikal yang mengampanyekan “pendongkelan ekonomi kapitalis”.

Seiring berjalannya waktu, melalui pekerjaannya sebagai pengacara, Scholz belajar mengenai bisnis dan kewirausahaan. Kehidupan profesional tersebut pun memengaruhi transformasi pandangan politik Scholz.

Baca Juga: Jerman Gelar Pemilu Hari Ini, Partai Angela Merkel Ketar-Ketir


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x