Kompas TV internasional kompas dunia

Perempuan 116 Tahun di Turki Ini Berhasil Sembuh dari Covid-19

Kompas.tv - 5 September 2021, 05:43 WIB
perempuan-116-tahun-di-turki-ini-berhasil-sembuh-dari-covid-19
Seorang suster tampak memeriksa kondisi Ayse Karatay yang terbaring di Rumah Sakit Kota di Eskisehir, Turki, Sabtu (4/9/2021). Pada usia 116 tahun, Karatay menjadi salah satu dari segelintir penyintas Covid-19 di dunia. (Sumber: IHA via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Iman Firdaus

ANKARA, KOMPAS.TV – Seorang perempuan tua berusia 116 tahun di Turki berhasil sembuh dari Covid-19. Perempuan bernama Ayse Karatay itu menjadi salah satu penyintas Covid-19 tertua di dunia.

Melansir Associated Press pada Minggu (5/9/2021), Ayse Karatay sempat menjalani perawatan akibat Covid-19 selama 3 minggu sebelum dinyatakan sembuh.

“Ibu saya jatuh sakit di usia 116 tahun dan dirawat di unit perawatan intensif selama tiga minggu,” terang Ibrahim, putra Karatay pada Demiroren, kantor berita setempat pada Sabtu (4/9/2021).

Baca Juga: Berusia 114 Tahun, Seorang Wanita Nebraska Kini Menjadi Orang Tertua di Amerika Serikat

“Sekarang kesehatannya sangat baik, dan ia terus membaik,” ujar Ibrahim.

Karatay yang berasal dari Emirdag di Afyonkarahisar di Turki barat, dilarikan ke Rumah Sakit Kota Eskisehir setelah jatuh sakit dan terbukti positif Covid-19 pada bulan lalu. Karatay lahir di masa Kekaisaran Ottoman atau Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1905. Namun, tanggal lahir tepat Karatay tak diketahui, mengingat di masa itu, pencatatan kelahiran belumlah secanggih sekarang.

Baca Juga: Julia Flores Colque Orang Tertua di Dunia

Menurut Ibrahim, ibunya hanya sempat menerima vaksinasi dosis pertama vaksin Sinovac buatan China sebelum jatuh sakit. “Ibu saya kemungkinan tertular oleh salah seorang anggota keluarga kami,” imbuhnya.

Selain Karatay, Suster Andre, seorang suster gereja di Prancis, juga menjadi segelintir orang tua yang berhasil sembuh dari Covid-19. Suster Andre yang memiliki nama asli Lucile Randon, berhasil sembuh dari Covid-19 pada Februari lalu, beberapa hari menjelang ulang tahunnya yang ke-117 tahun.

Baca Juga: Orang Tertua Eropa, Seorang Biarawati Berusia 116 Tahun Sembuh dari Covid-19

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x