Kompas TV internasional kompas dunia

Berusia 114 Tahun, Seorang Wanita Nebraska Kini Menjadi Orang Tertua di Amerika Serikat

Kompas.tv - 29 April 2021, 06:40 WIB
berusia-114-tahun-seorang-wanita-nebraska-kini-menjadi-orang-tertua-di-amerika-serikat
Thelma Sutcliffe ketika merayakan ulang tahunnya ke-112 pada 1 Oktober 2019 lalu sebelum pandemi melanda dunia. Kini ia dinobatkan sebagai orang tertua di Amerika Serikat dalam usia 114 tahun. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

OMAHA, KOMPAS.TV - Seorang wanita Nebraska yang berusia 114 tahun, Thelma Sutcliffe, kini dinobatkan menjadi orang tertua di Amerika Serikat, setelah orang tertua di Amerika Serikat sebelumnya, Hester Ford yang berusia 115 tahun, meninggal dunia di North Carolina pada 17 April lalu.

Menurut Gerontology Research Group, Thelma Sutcliffe  kini menjadi orang tertua di AS dan tertua ketujuh di dunia.

Baca Juga: Wirjawan, Kakek 104 Tahun, Peserta Vaksin Tertua di Indonesia Ajak Lansia Tidak Takut Divaksin

Menurut seorang temannya, Luella “Lou” Mason, kini pendengaran dan penglihatan Sutcliffe telah memudar, tapi pikirannya masih sangat tajam.

Seperti dikutip dari The Associated Press, kini Sutcliffe tinggal di sebuah panti jompo dan ikut mengalami lockdown selama pandemi Covid-19. Ia bahkan sudah menerima vaksin Covid-19 pada kesempatan paling awal.

Baca Juga: Berusia 90 Tahun, Yasuko Tamaki Dinobatkan Sebagai Manajer Kantor Tertua di Dunia

Namun perempuan asal Omaha, Nebraska ini  dilaporkan sempat menolak untuk melakukan tes swab Covid-19.  Mason menceritakan ketika Sutcliffe akan dites Covid-19, dia mengatakan, “"Kamu tidak akan memasukkan benda itu ke hidungku. Kau bisa memberitahu Lou untuk menyimpannya,” ujarnya ketika itu.

The Omaha World-Herald melaporkan bahwa Sutcliffe lahir pada tanggal 1 Oktober 1906. Pada 1 Oktober 2019, ia sempat merayakan ulang tahunnya ke-112.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x