Kompas TV internasional kompas dunia

Ini 5 Pentolan Pemimpin Kelompok Taliban, Tokoh Kunci Kuasai Afghanistan

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 13:44 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

KABUL, KOMPAS.TV – Taliban berhasil menguasai Afghanistan pada 15 Agustus 2021. Kelompok ini memiliki 5 tokoh kunci yang berperan besar mempertahankan Taliban selama beberapa tahun terakhir dan merebut kekuasaan di Afghanistan.

5 pentolan pemimpin Taliban yaitu:

Pertama Haibatullah Akhunzada. Ia dikenal sebagai “Leader of The Faithful”. Akhunzada merupakan pemegang keputusan tertinggi atas sikap politis, religious dan militer dari kelompok Taliban.

Baca Juga: Tokoh-Tokoh Taliban Mulai Berkumpul di Kabul Bicarakan Pemerintahan Baru Afghanistan

Yang kedua adalah Mullah Mohammad Yaqoob yang bertanggung jawab atas operasi militer Taliban. Yaqoob dipersiapkan memimpin Taliban pada tahun 2016, namun menolak dan memilih mendukung Haibatullah Akhunzada.

Ketiga Sirajuddin Haqqani. Ia adalah orang yang bertanggung jawab atas aset-aset Taliban baik keuangan maupun pertahanan sekitar perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Baca Juga: Ratusan Militan Taliban Bergerak Serang Panjshir, Ancam Rebut Wilayah

Keempat adalah Mullah Abdul Ghani Baradar. Ia adalah pendiri Taliban dan memimpin kantor politik Taliban. Baradar terlibat dalam negosiasi damai di Doha, Qatar dengan Amerika Serikat. Baradar juga sempat ditangkap militer Afghanistan pada 2010 di Karachi.

Kelima adalah Abdul Hakim Haqqani yang merupakan kepala tim negosiasi Taliban. Ia membantu Mullah Abdul Ghani Baradar untuk memastikan kesepakatan yang menguntungkan Taliban.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV, APTN

BERITA LAINNYA



Close Ads x