Kompas TV internasional kompas dunia

Tuntut Bentuk Federasi di Afghanistan, Lembah Panjshir Siap Lawan Taliban tapi Utamakan Perundingan

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 06:50 WIB
tuntut-bentuk-federasi-di-afghanistan-lembah-panjshir-siap-lawan-taliban-tapi-utamakan-perundingan
Anak-anak di Distrik Dara di Pegunungan Panjshir, yang merupakan benteng perlawanan setelah invasi Soviet dan kemudian melawan Taliban. (Sumber: Ahmad Sahel Arman/France24 via AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KABUL, KOMPAS.TV - Mantan pasukan pemerintah Afghanistan yang membentuk gerakan perlawanan di lembah berbenteng sedang bersiap untuk "konflik jangka panjang", tetapi juga berusaha untuk bernegosiasi dengan Taliban.

Hal itu ditegaskan juru bicara mereka dalam sebuah wawancara dengan AFP, seperti dilansir France24, Minggu (22/08/2021).

Sejak Taliban menguasai negara itu menyusul serangan kilat ke ibu kota Kabul, ribuan orang mengungsi ke Panjshir untuk mencari perlindungan dan menemukan tempat yang aman untuk melanjutkan hidup mereka, kata Ali Maisam Nazary, juru bicara perlawanan yang dipimpin Ahmad Massoud dan Amrullah Saleh.

Di sana, Ahmad Massoud, putra komandan Mujahidin legendaris Ahmad Shah Massoud yang dibunuh oleh Al-Qaeda dua hari sebelum serangan 11 September 2001, mengumpulkan kekuatan tempur sekitar 9.000 orang dan terus bertambah, Nazary menambahkan.

Tujuan utama Front Perlawanan Nasional adalah untuk menghindari pertumpahan darah lebih lanjut di Afghanistan dan mendesak sistem pemerintahan baru.

“Syarat untuk kesepakatan damai dengan Taliban adalah desentralisasi, sebuah sistem yang menjamin keadilan sosial, kesetaraan, hak, dan kebebasan untuk semua,” kata Nazary, kepala hubungan luar negeri NRF.

Namun jika Taliban tidak setuju, NRF memastikan akan menjadi konflik jangka panjang.

Pembicaraan antara para pemimpin lokal dari utara Afghanistan dan pihak berwenang di Pakistan berlangsung sampai beberapa hari yang lalu.

"Perang hanyalah produk sampingan dari konflik di Afghanistan. Apa yang menyebabkan konflik adalah, Afghanistan terdiri dari banyak etnis minoritas ... (dan) di negara multi-etnis Anda tidak dapat memiliki satu kelompok etnis yang mendominasi politik dan yang lainnya hanya duduk di pinggiran."

Baca Juga: Lembah Panjshir, Tanah Tangguh Afghanistan yang Belum Ditaklukan Taliban, Begini Kondisinya

Pasukan perlawanan terhadap Taliban di Lembah Panjshir yang menuntut desentralisasi dan federasi untuk menjamin keadilan sosial, kesetaraan, hak, dan kebebasan untuk semua (Sumber: Ahmad Sahel Arman/France24 via AFP)

Massoud bertekad mendukung orang-orang lembah Pansjhir dan meneruskan jejak ayahnya, sambil menekankan Afghanistan membutuhkan sistem pemerintahan federasi untuk menutup siklus perang yang tak ada habisnya.

Sementara Taliban menguasai sebagian besar Afghanistan, Nazary dengan optimistis menyoroti laporan bahwa milisi lokal di beberapa distrik mulai menentang kekuasaan Taliban dan membentuk hubungan dengan NRF di bawah Massoud.



Sumber : Kompas TV/France24/AFP


BERITA LAINNYA



Close Ads x