Kompas TV internasional kompas dunia

Lembah Panjshir, Tanah Tangguh Afghanistan yang Belum Ditaklukan Taliban, Begini Kondisinya

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 00:00 WIB
lembah-panjshir-tanah-tangguh-afghanistan-yang-belum-ditaklukan-taliban-begini-kondisinya
Seorang milisi berdiri bersama anggota pasukan pemerintah Afghanistan pada 19 Agustus 2021. Wakil Presiden Amrullah Saleh dan pemimpin milisi lokal Ahmad Massoud dilaporkan membentuk kembali kelompok perlawanan terhadap Taliban di Lembah Panjshir. (Sumber: AFP PHOTO/AHMAD SAHEL ARMAN)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

KABUL, KOMPAS.TV - Taliban ternyata belum sepenuhnya menguasai Afghanistan, meski ibu kota negara tersebut yakni Kabul telah berada di genggamannya.

Masih ada satu wilayah di Afghanistan yang belum bisa ditaklukkan Taliban hingga saat ini, tempat tersebut ialah Lembah Panjshir.

Berada di sisi timur Afghanistan, berbatasan langsung dengan Pakistan, Lembah Panjshir merupakan tempat berkumpulnya orang-orang anti-Taliban yang enggan tunduk kepada kelompok tersebut.

Dari Lembah Panjshir, muncul beberapa tokoh yang sempat menyuarakan perlawanan terhadap Taliban, seperti Ahmad Shah Massoud.

Baca Juga: Kekuatan Pasukan Anti-Taliban Bertambah, Tentara Afghanistan Ikut Bergabung

Namun, pada 2001, pria yang dijuluki Singa Panjshir tersebut kemudian berhasil diringkus Taliban saat memimpin perlawanan dari bentengnya, sebagaimana dilansir AFP.

Setelah itu, perjuangan Singa Panjshir diteruskan oleh putranya, Ahmad Massoud yang baru-baru ini menyerukan kembali perlawanan terhadap Taliban.

Kini, Ahmad Massoud menulis op-ed kepada The Washington Post yang berisi permintaan bantuan kepada Amerika Serikat (AS) untuk memasok senjata dan amunisi kepada para milisinya.

"Saya menulis dari Lembah Panjshir hari ini, siap mengikuti jejak ayah saya, dengan para mujahidin yang siap sekali lagi menghadapi Taliban," tulisnya.

Baca Juga: Afghanistan Memanas Lagi, Pasukan Anti-Taliban Rebut Tiga Distrik di Utara




Sumber : AFP/TRT World


BERITA LAINNYA



Close Ads x