Kompas TV internasional kompas dunia

Diduga Ada Konspirasi, Ini Kecepatan Pergerakan Taliban Kuasai Afghanistan

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 02:17 WIB
diduga-ada-konspirasi-ini-kecepatan-pergerakan-taliban-kuasai-afghanistan
Ilustrasi pejuang Taliban. Di luar prediksi banyak pihak, kelompok pemberontak Taliban merebut kota, distrik, ibu kota provinsi dan wilayah Afghanistan dengan kecepatan mencengangkan. Hanya dalam waktu empat bulan sejak Presiden AS Joe Biden mengumumkan penarikan pasukan AS dari Afghanistan pada April lalu, Taliban berhasil menguasai negara itu pada 15 Agustus 2021. (Sumber: AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

KABUL, KOMPAS.TV – Pekan lalu, intelijen Amerika Serikat (AS) memprediksi bahwa pasukan pemerintah Afghanistan akan mampu mempertahankan ibu kota Kabul dari serangan Taliban selama setidaknya tiga bulan.

Namun, kecepatan serangan kelompok pemberontak Taliban ternyata di luar prediksi banyak pihak, dan mencengangkan dunia.

Penarikan pasukan AS dari Afghanistan, jelas berkontribusi pada kecepatan pergerakan Taliban. Namun, sejumlah pihak menuding adanya “konspirasi” di balik kemenangan Taliban.

Atta Mohammad Noor, salah seorang mantan panglima perang yang dimintai tolong Presiden Ashraf Ghani untuk membantu mempertahankan Mazar-i-Sharif, mengungkap tuduhan ini. Melalui unggahan di Twitter, Noor menyebut “konspirasi” turut menyumbang jatuhnya kawasan utara ke tangan Taliban.

Mazar-i-Sharif, kota terbesar ke-4 di Afghanistan, jatuh ke tangan Taliban pada Sabtu (14/8/2021). Noor dan Abdul Rashid Dostum, mantan panglima perang lainnya, melarikan diri melintasi perbatasan Afghanistan. Sejumlah sumber yang dekat dengan Dostum menyebut, keduanya melarikan diri ke Uzbekistan.

Baca Juga: Mazar-i-Sharif Jatuh ke Tangan Taliban, Diawali Penyerahan Diri Tentara Afghanistan

“Terlepas dari perlawanan tegas kami, sayangnya, semua peralatan pemerintah dan pasukan keamanan Afghanistan diserahkan kepada Taliban sebagai hasil dari rencana besar yang terorganisir dan pengecut,” tulis Noor seperti dilansir dari Associated Press.

“Mereka telah mengatur rencana untuk menjebak Dostum dan saya, tapi mereka tidak berhasil.”

Pihak Taliban sendiri mengklaim, kecepatan pergerakannya meraih kemenangan atas wilayah-wilayah di Afghanistan, menunjukkan bahwa rakyat Afghanistan menerima mereka.

Melansir The Straits Times, berikut lini masa pergerakan Taliban dalam merebut wilayah-wilayah di seantero Afghanistan:

14 April

Presiden AS Joe Biden mengumumkan penarikan pasukan AS dari Afghanistan akan berlangsung sejak 1 Mei hingga 11 September. Pengumuman Biden akan mengakhiri perang terpanjang AS.

Tenggat waktu itu merupakan perpanjangan dari batas waktu sebelumnya pada 1 Mei sesuai kesepakatan antara AS dan Taliban.

Baca Juga: Afghanistan Hormati Keputusan Amerika Serikat Tarik Seluruh Pasukannya 11 September Mendatang

4 Mei

Gerilyawan Taliban melancarkan serangan besar-besaran terhadap pasukan Afghanistan di selatan Provinsi Helmand. Taliban juga menyerang setidaknya enam provinsi lain.

11 Mei

Taliban merebut distrik Nerkh di luar ibu kota Kabul.

7 Juni

Sejumlah pejabat senior pemerintahan menyebut, lebih dari 150 tentara Afghanistan tewas dalam pertempuran selama 24 jam. Pertempuran berlangsung di 26 provinsi dari seluruh 34 provinsi Afghanistan.

22 Juni

Kelompok pemberontak Taliban melancarkan serangkaian serangan di utara Afghanistan, jauh dari benteng tradisional mereka di selatan. Duta PBB untuk Afghanistan menyatakan, Taliban telah menguasai lebih dari 50 dari seluruh 370 distrik Afghanistan.

2 Juli

Pasukan AS diam-diam ditarik mundur dari pangkalan militer mereka di Bagram, sekitar satu jam berkendara dari Kabul. Penarikan pasukan dari Bagram ini secara efektif mengakhiri keterlibatan AS dalam perang di Afghanistan.



Sumber : Associated Press/The Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x