Kompas TV internasional kompas dunia

Akui Lakukan Genosida di Namibia, Kini Jerman Berikan Dana Pembangunan Rp19 Triliun

Kompas.tv - 29 Mei 2021, 11:00 WIB
akui-lakukan-genosida-di-namibia-kini-jerman-berikan-dana-pembangunan-rp19-triliun
Ilustrasi tulang korban genosida orang Herero dan Nama di Nambia oleh Jerman. (Sumber: AA/A. Hosbas)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

BERLIN, KOMPAS.TV - Setelah sekian lama, untuk pertama kalinya Jerman mengakui pendudukan kolonialnya di Namibia sebagai genosida.

Sebelumnya, para sejarawan telah menyebut tragedi pembunuhan puluhan ribu orang Herero dan Nama oleh kolonial Jerman pada periode 1904 hingga 1908 sebagai genosida pertama di abad ke-20.

"Kami sekarang secara resmi akan menyebut peristiwa-peristiwa ini sebagaimana adanya dari perspektif hari ini, yakni genosida," kata Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas, sebagaimana dikutip dari AFP, Jumat (28/52021).

Baca Juga: Dorong Gencatan Senjata dan Serukan Perdamaian, Menlu Jerman akan Sambangi Israel dan Palestina

Selain pengakuan tersebut, Pemerintah Jerman juga akan menggelontorkan dana sebesar 1,1 miliar Euro  atau setara Rp19 triliun, guna mendukung pembangunan proyek-proyek yang ada di Namibia.

Maas menyambut baik kesepakatan itu, setelah selama lebih dari lima tahun digodok dalam negosiasi, hingga dapat mengakhiri masa-masa renggang antara Jerman dan Namibia.

Bantuan rekonstruksi dan pembangunan melalui program keuangan yang diberikan Jerman, menurut salah satu sumber, akan dibayarkan selama 30 tahun, khususnya untuk keturunan Herero dan Nama.

"Mengingat tanggung jawab historis dan moral Jerman, kami akan meminta pengampunan dari Namibia dan keturunan para korban kekejaman (Jermna di masa lalu)," kata Maas.

Baca Juga: Jerman Larang dan Gerebek Tiga Kelompok Terkait Hizbullah




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x