Kompas TV internasional kompas dunia

Dorong Gencatan Senjata dan Serukan Perdamaian, Menlu Jerman akan Sambangi Israel dan Palestina

Kompas.tv - 20 Mei 2021, 15:59 WIB
dorong-gencatan-senjata-dan-serukan-perdamaian-menlu-jerman-akan-sambangi-israel-dan-palestina
Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi, kanan, dan mitranya dari Jerman Heiko Maas berjabat tangan saat konferensi pers di Bandara Ben Gurion dekat Tel Aviv, Israel Kamis, 20 Mei 2021. (Sumber: Abir Sultan/Pool Photo via AP)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Eddward S Kennedy

BERLIN, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Mass, melakukan kunjungan ke Israel, Kamis (20/5/2021). Selain itu, dia juga dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Palestina, selama perjalanan satu harinya ini.

Maas mengatakan, kunjungan ke Timur Tengah ini bermaksud untuk menunjukkan rasa solidaritas dengan warga sipil Israel dan Palestina yang menderita akibat konflik.

Selain itu, kunjungan tersebut juga untuk mendorong terjadinya gencatan senjata dan dimulainya kembali perundingan perdamaian.

Baca Juga: Israel - Palestina Memanas, Menlu Terbang ke New York Untuk Bahas Hal Ini Bersama PBB

Seperti dikutip dari The Associated Press, sebelum bertolak ke Israel, Heiko Maas mengatakan, “Jerman berdiri tanpa syarat dalam persahabatannya dengan Israel, yang harus mempertahankan diri dari teror roket oleh Hamas."

Di Israel, Maas berencana akan bertemu dengan Presiden Israel, Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Israel.

Dia juga mengatakan, warga Palestina dapat mengandalkan dukungan kemanusiaan dari negaranya, di masa-masa sulit seperti saat ini.

Baca Juga: Tak Hiraukan Seruan Damai Dari Dunia, Israel Terus Gempur Jalur Gaza dengan Tembakan Roket

Heiko Mass menambahkan, komunitas internasional harus menemukan cara untuk membantu mengakhiri kekerasan.

Selain itu, dia juga menyerukan pembicaraan tentang negosiasi perdamaian antara Israel dan Palestina, bahkan jika saat ini terlihat bahwa negosiasi tersebut masih sangat jauh.

Maas berharap, Kuartet Timur Tengah yang terdiri dari Amerika Serikat, Rusia, Uni Eropa, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa dapat memainkan peran aktif dalam mencari solusi damai untuk mengakhiri konflik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x