Kompas TV internasional kompas dunia

Duh, Sedikitnya 100 Pendaki Gunung Everest Diperkirakan Tertular Covid-19!

Kompas.tv - 23 Mei 2021, 00:55 WIB
duh-sedikitnya-100-pendaki-gunung-everest-diperkirakan-tertular-covid-19
Dalam foto udara yang dirilis oleh Kantor Berita Xinhua ini, terlihat sebuah base camp di Gunung Everest, 25 Mei 2020. China akan membuat garis pemisah di atas Gunung Everest untuk mencegah penyebaran virus corona oleh para pendaki. (Sumber: Purbu Zhaxi / Xinhua via AP)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

KATHMANDU, KOMPAS.TV – Wabah Covid-19 di Gunung Everest di Himalaya diperkirakan telah menjangkiti sedikitnya 100 pendaki dan kru pendukung pendakian. Hal ini diungkapkan oleh Lukas Furtenbach, seorang ahli pemandu pendakian dari Austria pada Sabtu (22/5/2021).

Perkiraan ini diungkapkan di tengah penyangkalan para pejabat berwenang Nepal tentang klaster Covid-19 di wilayah gunung yang memiliki puncak tertinggi dunia itu.

Baca Juga: Khawatir Tertular Covid-19 dari Nepal, China Batalkan Pendakian Gunung Everest

Pemandu pendakian dari Austria, Lukas Furtenbach menyatakan bahwa setidaknya 100 pendaki di Everest telah tertular wabah Covid-19. Ini diungkapkan Furtenbach di Kathmandu, Nepal pada Sabtu (22/5/2021). (Sumber: AP Photo/Bikram Rai)

Menurut Furtenbach, perkiraan tentang jumlah pendaki dan kru pendukung pendakian yang terpapar Covid-19 itu didasarkan pada konfirmasi dari sejumlah pihak, di antaranya termasuk pilot penyelamat, penyedia asuransi perjalanan, para dokter dan pemimpin ekspedisi pendakian.

Baca Juga: Demi Tangkal Covid-19, China Berencana Pisah Puncak Everest Jadi Dua Bagian

Furtenbach membeberkan hal ini pada Associated Press, Sabtu (22/5/2021) atau seminggu setelah menghentikan ekspedisinya di Everest lantaran khawatir akan wabah Covid-19.

Menurutnya, salah seorang pemandu asing dan 6 orang pemandu Sherpa dari Nepal dalam timnya telah terbukti positif Covid-19.

“Saya melihat orang-orang jatuh sakit di base camp,” tutur Furtenbach. “Saya juga mendengar mereka batuk-batuk di dalam tenda mereka.”

Sebanyak 408 pendaki asing diberikan ijin untuk mendaki Everest pada musim semi tahun ini, dibantu oleh ratusan pemandu Sherpa dan kru pendukung yang telah ditempatkan di base camp sejak April lalu.

Pada akhir April lalu, seorang pendaki Norwegia dilaporkan menjadi pendaki pertama yang terkonfirmasi positif Covid-19 di base camp Everest.

Baca Juga: Wow, Covid-19 Sudah Sampai Gunung Everest Setelah Seorang Pendaki Dinyatakan Positif

Musim pendakian Everest akan ditutup pada akhir bulan ini. Tahun lalu, pendakian Everest ditutup karena pandemi Covid-19 melanda dunia.

Pada Jumat (21/5/2021), Nepal mencatat 8.607 kasus penularan dan 177 kematian. Hingga kini, jumlah total kasus penularan Covid-19 yang terkonfirmasi di Nepal mencapai lebih dari 497.000 kasus, diikuti dengan 6.024 angka kematian.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x