Kompas TV internasional kompas dunia

China Luncurkan Modul Pertama Stasiun Luar Angkasa Mereka Sendiri

Kompas.tv - 29 April 2021, 14:06 WIB
china-luncurkan-modul-pertama-stasiun-luar-angkasa-mereka-sendiri
Roket Long March 5B yang membawa modul untuk stasiun luar angkasa Tiongkok lepas landas dari Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang di Wenchang di Provinsi Hainan Tiongkok selatan, Kamis, 29 April 2021. (Sumber: AP Photo/Chinatopix)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

BEIJING, KOMPAS.TV - China pada Kamis (29/4/2021) meluncurkan modul utama stasiun luar angkasa permanen pertamanya yang akan menampung astronot dalam jangka panjang, seperti dilansir Associated Press, Kamis (29/4/2021).

Peluncuran ini merupakan keberhasilan terbaru dari program yang mewujudkan sejumlah ambisinya yang berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Modul Tianhe, atau "Harmoni Surgawi", meluncur mulus ke luar angkasa di atas roket Long March 5B dari Pusat Peluncuran Wenchang di provinsi pulau selatan Hainan, menandai kemajuan besar China untuk eksplorasi luar angkasa negara itu.

Peluncuran tersebut memulai misi pertama dari 11 misi yang diperlukan untuk menyelesaikan, memasok, dan mengawaki stasiun luar angkasa China pada akhir tahun depan.

Program luar angkasa China juga baru-baru ini membawa kembali sampel baru pertama dalam lebih dari 40 tahun dari Bulan dan berharap untuk mendaratkan wahana dan penjelajah di permukaan Mars akhir bulan depan.

Baca Juga: Rover Dewa Perang, Penjelajah Planet Mars Pertama Milik China

Gambar ini diambil dari rekaman video tak bertanggal yang dijalankan oleh CCTV China melalui Video AP, rendering modul stasiun luar angkasa China ditampilkan. China telah meluncurkan modul inti pada hari Kamis, 29 April 2021 untuk stasiun luar angkasa permanen pertamanya yang akan menampung astronot dalam jangka panjang. (Sumber: CCTV via AP Video)

Beberapa menit setelah peluncuran, tudung roket terbuka untuk melepas Tianhe dari atas panggung inti roket, dengan tulisan "China Manned Space" terpampang di bagian luarnya.

Segera setelah itu, Tianhe terpisah dari roket, yang akan mengorbit selama sekitar seminggu sebelum jatuh ke Bumi, dan beberapa menit setelah itu, Tianhe membuka susunan panel surya untuk mensuplai sumber energi yang stabil.

Program luar angkasa adalah sumber kebanggaan nasional yang besar bagi China, dan Perdana Menteri Li Keqiang serta para pemimpin sipil dan militer lainnya menyaksikan peluncuran langsung dari pusat kendali di Beijing.

Pesan ucapan selamat dari pemimpin negara dan pemimpin Partai Komunis Xi Jinping juga dibacakan kepada staf di Pusat Peluncuran Wenchang.

Peluncuran tersebut adalah bagian dari strategi "tiga langkah" untuk membangun program luar angkasa berawak China dan menandai "proyek yang penting untuk membangun negara yang kuat dalam sains dan teknologi dan kedirgantaraan," kata pesan Xi. 

Modul inti adalah bagian dari stasiun tempat astronot akan tinggal hingga enam bulan pada suatu waktu.

10 peluncuran lainnya akan mengirimkan dua modul tambahan di mana kru akan melakukan eksperimen, empat peluncuran merupakan pasokan kargo, dan empat peluncuran berupa misi dengan astronot.

Baca Juga: China Luncurkan 3 Kapal Perang Canggih Baru, Goyang Keseimbangan Militer Kawasan

Roket Long March 5B yang membawa modul untuk stasiun luar angkasa Tiongkok lepas landas dari Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang di Wenchang di Provinsi Hainan Tiongkok selatan, Kamis, 29 April 2021. (Sumber: Guo Wenbin/Xinhua via AP)

Setidaknya 12 astronot sedang berlatih untuk terbang ke dan tinggal di stasiun luar angkasa, termasuk veteran penerbangan sebelumnya, seorang astronot pendatang baru dan astronont perempuan. Misi luar angkasa berawak pertama, Shenzhou-12, diharapkan akan diluncurkan pada bulan Juni.

Ketika selesai pada akhir 2022, Stasiun Luar Angkasa China akan berbentuk T dan diperkirakan memiliki berat sekitar 66 ton, jauh lebih kecil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang meluncurkan modul pertamanya pada tahun 1998 dan akan memiliki berat sekitar 450 ton saat selesai.

Tianhe akan memiliki port docking dan juga akan dapat terhubung dengan satelit luar angkasa China. Secara teoritis dapat diperluas hingga enam modul. Stasiun ini dirancang untuk beroperasi setidaknya selama 10 tahun.

Tianhe seukuran stasiun luar angkasa American Skylab pada tahun 1970-an dan bekas Soviet / Rusia Mir, yang beroperasi selama lebih dari 14 tahun setelah diluncurkan pada tahun 1986.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x