Kompas TV internasional kompas dunia

China Luncurkan 3 Kapal Perang Canggih Baru, Goyang Keseimbangan Militer Kawasan

Kompas.tv - 25 April 2021, 18:57 WIB
china-luncurkan-3-kapal-perang-canggih-baru-goyang-keseimbangan-militer-kawasan
Kapal Selam nuklir Changzheng-18, Kapal Destroyer Dalian dan Kapal Induk helikopter Hainan saat diresmikan Sabtu 24 April 2021 oleh Presiden China Xi Jinping (Sumber: Xinwen Lianbo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

SANYA, KOMPAS.TV - Presiden China Xi Jinping, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) dan Ketua Komisi Militer Sentral China (Central Military Commission/CMC), menghadiri upacara peresmian tiga kapal angkatan laut (AL), yakni Changzheng-18, Dalian, dan Hainan, seperti dilansir Xinhua, Minggu, (25/04/2021).

Kapal-kapal itu diserahkan kepada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (People's Liberation Army/PLA) dan mulai dioperasikan pada Jumat (23/4) di sebuah pangkalan AL di Sanya, Provinsi Hainan, China selatan. 

Upacara tersebut dimulai sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan dihadiri oleh sekitar 2.400 orang.

Dalam acara tersebut Presiden Xi menyerahkan panji-panji PLA dan sertifikat penamaan kepada masing-masing kapten dan komisaris politik di tiga kapal tersebut, serta berpose bersama untuk sesi foto.

Baca Juga: Armada Kapal Induk China Bergerak Ke Laut China Selatan

Presiden China Xi Jinping saat serah terima tiga kapal tempur baru China, Sabtu, 24 April 2021 (Sumber: Xinhua)

Setelah upacara, Xi naik ke atas kapal dan meninjau pasukan penjaga kehormatan. Dia juga memeriksa alutsista di atas kapal, menyapa para perwira dan prajurit, serta menuliskan namanya di buku harian kapal.

Di dermaga, Xi bertemu dengan perwakilan tim peneliti kapal serta para perwira AL dan para prajurit.

Seperti dilansir CGTN, Minggu (25/4/2021), ketiga kapal tersebut antara lain:

  • Changzheng-18, kapal selam rudal balistik Tipe 094A yang mampu meluncurkan "serangan kedua", yang berarti menyerang balik musuh setelah mereka menggunakan senjata nuklir untuk menyerang China.
  • Hainan, kapal serbu amfibi Tipe 075 yang digunakan untuk mendarat di wilayah musuh - sebuah misi yang mirip dengan pendaratan Normandia yang terkenal - dan bertindak sebagai kapal komando selama operasi tersebut.
  • Dalian, kapal perusak Tipe 055 yang dapat bertindak sebagai kapal penjaga untuk kapal induk seperti Liaoning dan Shandong.

Jelas bahwa ketiga kapal tersebut dapat memainkan peran kunci selama perang.

Angkatan Laut China menamai kapal selam bertenaga nuklir dengan Changzheng, kapal perusak dengan nama kota besar, dan kapal induk, kapal penjelajah, dan kapal serbu amfibi dengan nama provinsi.

Baca Juga: Mendarat di Kapal Induk Jadi Fokus Latihan Militer Tiongkok

Kapal Selam Nuklir China type 094A yang diluncurkan Sabtu, 24 April 2021. Kapal itu dinamakan Changzheng-18 dengan kapasitas dan kapabilitas yang jauh ditingkatkan dibanding kapal sejenis lain di AL China. (Sumber: CCTV China/Xinwen Lianbo)


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x