Kompas TV internasional kompas dunia

PM Jepang Apresiasi Kerjasama Indonesia Jepang Dalam Pertemuan 2+2

Kompas.tv - 30 Maret 2021, 23:04 WIB
pm-jepang-apresiasi-kerjasama-indonesia-jepang-dalam-pertemuan-2-2
Pertemuan PM Jepang Yoshihide Suga dengan Menlu Retno Marsudi dan Menhan Prabowo Subianto di Tokyo Jepang Selasa (30/3). (Sumber: twitter @Menlu_RI)
Penulis : Deni Muliya

JEPANG, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam kunjungan kehormatan di kediaman resmi perdana menteri di Tokyo, Jepang, Selasa (30/3/2021). 

Agenda utama kunjungan ke Tokyo adalah dalam rangka melakukan Pertemuan 2+2 (two plus two) ke-2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara.

PM Yoshihide Suga dalam sambutannya  menyatakan pentingnya hubungan kedua negara saat ini.

"Saya berkunjung ke Indonesia pada Oktober 2020 untuk pertama kalinya sejak menjabat sebagai PM Jepang. Hal ini adalah tanda bahwa Jepang sangat mementingkan Indonesia," ujar PM Yoshihide Suga.

Suga berharap pertemuan itu dapat melahirkan kesepakatan yang mendasari  kerja sama keamanan lebih lanjut antara Indonesia dan Jepang.

"Saya menganggap waktunya sangat tepat untuk menyelenggarakan pertemuan 2+2. Saya berharap persetujuan tentang pengalihan teknologi pertahanan yang akan ditandatangani nanti dapat menjadi landasan kerjasama keamanan lebih lanjut kedua negara. Saya mendorong gagasan Indo Pasifik yang bebas dan terbuka dan akan membawa kedamaiaan", lanjut Suga.

Selama di Jepang, kedua menteri juga  melakukan pertemuan bilateral dengan masing-masing mitranya, yaitu Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi, dan Menteri Pertahanan Nobuo Kishi.
 
Pemerintah Indonesia dan Jepang  menyepakati kerja sama terkait transfer alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan teknologi dalam waktu dekat.

Kesepakatan itu kemungkinan akan terealisasi dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi dan Menteri Pertahanan Nobuo Kishi di Tokyo, Selasa (30/3). 

(Andylala)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x