Kompas TV internasional kompas dunia

Lukisan Langka Maha Karya Vincent Van Gogh Terjual 222 Miliar Rupiah Dalam Lelang di Paris

Kompas.tv - 26 Maret 2021, 04:32 WIB
lukisan-langka-maha-karya-vincent-van-gogh-terjual-222-miliar-rupiah-dalam-lelang-di-paris
Dalam file foto 25 Februari 2021 ini, personel Sotheby menampilkan Scene de rue a Montmartre (Pemandangan jalanan di Montmartre), lukisan karya master Belanda Vincent van Gogh di rumah lelang Sotheby di Paris. Lukisan itu dilelang oleh Sotheby Paris pada Kamis, dan dijual seharga 222 miliar rupiah. (Sumber: AP Photo/Christophe Ena)
Penulis : Edwin Shri Bimo

PARIS, KOMPAS.TV - Sebuah lukisan langka karya Vincent Van Gogh dijual pada lelang Kamis oleh Sotheby's Paris seharga 13,1 juta euro setara dengan 15,4 juta dolar AS atau 222 miliar Rupiah, Associated Press melaporkan, Jumat, (26/3/2021).

Penjualan lukisan “Street Scene in Montmartre” sangat ditunggu-tunggu karena merupakan salah satu dari sedikit lukisan karya master Impresionis Belanda yang masih berada di tangan pribadi.

Rumah lelang Sotheby sebelumnya memperkirakan lukisan itu akan terjual antara 5 juta euro hingga 8 juta euro.

Sotheby mengatakan, karya tersebut selama ini tetap menjadi koleksi keluarga yang sama selama lebih dari 100 tahun, di luar mata publik.

Baca Juga: Lukisan Langka Van Gogh Senilai Rp 138 Milyar Akan Dipamerkan Sebelum Dilelang

Lukisan Van Gogh itu menggambarkan kincir angin bernama Pepper Mill, dilihat dari jalan di bawah langit yang cerah, dengan seorang pria, seorang wanita dan seorang gadis kecil berjalan di depan pagar kayu yang mengelilingi tempat itu.

Itu dilukis pada tahun 1887, satu tahun setelah Van Gogh pindah ke Paris dan tinggal di Montmartre ketika dia menginap dengan saudaranya Theo. Dia meninggalkan ibu kota Prancis pada tahun 1888 ke Prancis selatan, di mana dia tinggal sampai kematiannya pada tahun 1890.

Itu di antara lebih dari 30 karya yang dijual oleh Sotheby pada hari Kamis dari master termasuk Modigliani, Rodin, Camille Claudel, Degas, Klee dan Magritte.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x