Kompas TV internasional kompas dunia

Lukisan Langka Van Gogh Senilai Rp 138 Milyar Akan Dipamerkan Sebelum Dilelang

Kompas.tv - 25 Februari 2021, 23:02 WIB
lukisan-langka-van-gogh-senilai-rp-138-milyar-akan-dipamerkan-sebelum-dilelang
Lukisan pemandangan ruas jalan di Montmartre karya pelukis asal Belanda Vincent Van Gogh dipamerkan di rumah lelang Sotheby's di Paris, Prancis pada Kamis (25/2). (Sumber: AP Photo / Christophe Ena)
Penulis : Vyara Lestari

PARIS, KOMPAS.TV – Sebuah lukisan langka oleh master impresionis asal Belanda, Vincent Van Gogh akan dipamerkan ke publik untuk pertama kali sebelum dilelang pada bulan depan. Lukisan ini menampilkan pemandangan sebuah ruas jalan di Montmartre di kawasan Paris, Prancis.

Rumah lelang Sotheby’s menyatakan, karya seni yang dilukis pada tahun 1887 itu belum pernah dipamerkan di depan umum. Selama lebih dari 100 tahun sebelumnya, lukisan ini menjadi koleksi keluarga yang tidak disebutkan identitasnya.

Baca Juga: Loving Vincent, Film Animasi dari Lukisan Vincent Van Gogh

“Ini lukisan penting karya Vincent Van Gogh karena dibuat pada periode saat ia tinggal di Paris bersama saudaranya, Theo," terang Etienne Hellman, direktur senior Seni Modern dan Impresionis di Sotheby’s pada Associated Press.

Van Gogh pindah ke Paris pada 1886 dan tinggal di Montmartre. Ia meninggalkan Paris pada 1888 dan pindah ke selatan Prancis hingga meninggal pada tahun 1890.

“Sebelum lukisan ini, lukisan-lukisan Van Gogh jauh lebih suram… Di Paris, ia menemukan warna,” ujar Hellman. “Warna tampak meledak dalam lukisannya.”

Baca Juga: Lukisan Kanguru Berusia 17.300 Tahun Diidentifikasi Sebagai Lukisan Batu Tertua di Australia

“Pemandangan jalan di Montmartre” menggambarkan sebuah kincir angin bernama Pepper Mill, dilihat dari sebuah ruas jalan di bawah langit yang terang, disertai sosok seorang lelaki, seorang perempuan dan seorang gadis kecil tengah berjalan di depan pagar kayu yang mengelilingi tempat itu.

“Paris menandai periode ini saat para impresionis utama mempengaruhi karya Van Gogh,” terang Hellman.

Sotheby’s menyatakan, lukisan tersebut telah dipublikasikan ke 7 katalog sebelumnya, tapi tak pernah dipamerkan.

Baca Juga: Fantastis! Lukisan Kecil Ini Terjual Dengan Harga Rp 1,3 Triliun

Claudia Mercier, juru lelang di rumah lelang Mirabaud Mercier mengatakan, "Lukisan ini juga lukisan penting karena hanya tersisa sangat, sangat sedikit lukisan di tangan pribadi, terutama dari periode itu, yang sebagian besar kini berada di museum.”

Sotheby’s menaksir, nilai lukisan Van Gogh tersebut berkisar antara 5 – 8 juta Euro, atau setara dengan Rp 86 – 138 milyar.

Baca Juga: Penelitian: Lukisan Gua di Maros Jadi Yang Tertua di Dunia, Berumur 45,500 Tahun

Lukisan ini akan dipamerkan bulan depan di Amsterdam pada 1 – 3 Maret, di Hong Kong pada 9 – 12 Maret dan Paris pada 16 – 23 Maret, sebelum dijadwalkan dilelang pada 25 Maret di Paris.

Kincir angin Pepper Mill sendiri dihancurkan selama pembangunan sebuah jalan pada tahun 1911, namun dua kincir angin serupa masih berdiri di bukit Montmartre.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.