Kompas TV internasional kompas dunia

Berusia 48 Tahun, Surat Lamaran Milik Steve Jobs Laku Dijual Rp3,2 Miliar

Kompas.tv - 25 Maret 2021, 20:01 WIB
berusia-48-tahun-surat-lamaran-milik-steve-jobs-laku-dijual-rp3-2-miliar
Salah satu pendiri Apple Inc, Steve Jobs. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

LONDON, KOMPAS.TV – Siapa sangka, surat lamaran yang ditulis salah satu pendiri Apple, Steve Jobs ternyata laku dijual seharga USD224.400 atau sekitar Rp3,2 miliar.

Melansir Kompas.com, surat lamaran milik Steve Jobs itu laku dalam acara lelang yang diadakan oleh Charterfields di London, Inggris. Tidak disebutkan siapa pembeli surat lamaran Jobs yang dilelang tersebut.

Dokumen pengajuan kerja itu hanya berupa selembar kertas berisi kuesioner yang diisi oleh Jobs dengan tulisan tangan.

Surat lamaran itu ditulis Jobs usai ia keluar dari sekolah Reed College di Portland, Oregon, Amerika Serikat pada tahun 1973. Jika dihitung, surat milik Steve Jobs itu kini sudah berusia 48 tahun.

Dalam aplikasinya itu, Jobs menuliskan beberapa keterampilan yang dimilikinya seperti di bidang komputer dan kalkulator. Ia juga menjabarkan kemampuannya di sektor teknologi elektronik dan design engineer.

Baca Juga: Jual iPhone Tanpa Charger, Apple Kena Denda Rp 28 Miliar

Jobs menambahkan Bahasa Inggris sebagai salah satu bidang ilmu yang ia pelajari. Kolom alamat diisi dengan tulisan "Reed College", sekolah terakhir yang pernah diikutinya sejak ia berusia 18 tahun.

Saat itu Jobs sudah memiliki izin berkendara. Namun. ketika ditanya akses untuk transportasi, Jobs menjawab "mungkin tapi tak memungkinkan".

Seperti yang dilansir dari KompasTekno, Kamis (25/3/2021), kolom nomor telepon diisi Jobs dengan pernyataan "tidak ada".

Selain itu, ada juga sertifikat yang menunjukan keaslian dari surat lamaran tersebut lengkap dengan tanda tangan Jobs di dalamnya.

Baca Juga: Peneliti Kembali Temukan Pekerja di Pabrik Pemasok Samsung dan Apple Idap Kanker

Namun, dalam surat lamaran ini tidak dicantumkan posisi dan perusahaan apa yang saat itu dilamar oleh Jobs.

Tiga tahun setelah mengisi lamaran tersebut atau tepatnya pada 1976, Steve Jobs mengajak Steve Wozniak untuk mendirikan Apple dengan produk pertamanya komputer bernama "Apple 1".

Surat lamaran milik Jobs ini bukan pertama kalinya laku terjual. Pada tahun 2018 lalu dalam acara lelang yang digelar oleh RR Auction, dokumen itu laku dijual seharga USD175.000.

Pembeli surat lamaran Jobs saat itu adalah seorang pengusaha bisnis internet asal Inggris yang tidak disebutkan namanya.

Kembali lakunya surat lamaran kerja milik Steve Jobs dengan harga yang tinggi menandakan bahwa sosok pendiri Apple yang sudah meninggal pada tahun 2011 lalu akibat kanker itu masih mempunyai pengaruh hingga sekarang.

Baca Juga: Bos Apple Kritik Aplikasi Media Sosial: Terlalu Banyak Kumpulkan Informasi Pribadi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x